Korem 084/BJ Gelar Operasi Tanggap Darurat Bencana Puting Beliung

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 24 November 2017 | 18:14 WIB - Redaktur: Tobari - 238


Surabaya, InfoPublik – Korem 084/BJ dengan kekuatan sekitar 300 orang melaksanakan pembersihan dan perbaikan di lokasi terdampak bencana dengan pimpinan Letkol Inf Fadli Mulyono, Jum’at (24/11), menyusul bencana angin puting beliung yang menimpa tiga desa di wilayah Kecamatan Waru Sidoarjo.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Tambakrejo, Tambaksawah, dan Tambaksumur, menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada pemukiman warga. Sehingga fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat di tiga desa tersebut juga mengalami kelumpuhan.

Sebagaimana diketahui, bahwa telah terjadi bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Waru pada tanggal 22 November 2017 lalu. 

"Membantu penanganan bencana ini sesuai dengan tugas pokok TNI yang tertuang dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004. Dijelaskan bahwa salah satu tugasnya adalah membantu kesulitan rakyat, dan di sinilah peran TNI bersama-sama dengan masyarakat, “ tegas Fadli.

Pihaknya dengan instansi terkait lainnya melaksanakan tugas untuk percepatan pemulihan keadaan. "Dengan pembersihan dan perbaikan fasilitas umum dan rumah warga ini semua agar masyarakat cepat bisa beraktifitas kembali," tuturnya.

Operasi Tanggap Darurat ini, kata dia, dilaksanakan dengan mengerahkan personel Korem 084/Bhaskara Jaya dengan beberapa personel yang memang mempunyai keahlian khusus di bidang bangunan.

Karya Bhakti ini menyasar pada pembersihan puing-puing yang ada di sepanjang jalan, fasilitas umum dan tentunya membuat atap sementara bagi rumah yang rusak, sehingga diharapkan bisa digunakan sambil perbaikan terus berjalan.

Kerusakan yang terjadi di tiga desa yang terparah di desa Tambak rejo diikuti desa Tambaksumur dan Tambaksawah dengan total kerusakan sejumlah 793 rumah.

Kegiatan hari kedua pasca terjadinya puting beliung, dilaksanakan dengan prioritas pembenahan rumah yang mengalami kerusakan agar bisa digunakan kembali. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)