Sebanyak 250 Siswa SMA/SMK Ikuti Kegiatan Sahabat Sejati

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 2 Oktober 2017 | 09:19 WIB - Redaktur: Tobari - 665


Surabaya, InfoPublik - Korem 084/Bhaskara Jaya (BJ) bekerjasama dengan Batalyon Arhanudse 8/Sriti Sidoarjo menggelar kegiatan Sahabat Sejati atau Sehari Bersama TNI. Kegiatan tersebut,  diikuti 250 peserta SMA dan SMK di wilayah Korem 084/BJ. 

"Sahabat sejati ini kami mengajak 500 siswa SMA dan SMK se-wilayah Korem 084. Kami laksanakan dua tahap. Gelombang I dilakukan saat ini dengan 250 peserta. Sedangkan 250 peserta lainnya akan ikut gelombang II, pada 4 November," kata Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 084/BJ,  Letkol Armada Sugeng saat ditemui di Makorem 084. 

Ia menjelaskan,  untuk tahap awal peserta berkumpul di Makorem untuk berkumpul dan cek peserta. Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan truk dari Arhanudse, ratusan peserta lalu diantarkan dari Markas Korem 084 di Surabaya menuju Batalyon Arhanudse 8/Sriti di Gedangan Sidoarjo. 

Sugeng menjelaskan,  program Sahabat Sejati digagas langsung oleh  Panglima Kodam V Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widitmoko. Dalam kegiatan itu, para siswa akan diajarkan banyak hal untuk membekali tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Acara dikemas dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari paparan dalam program Jam Komandan oleh Komandan Korem 084/BJ Kolonel M Zulkifli. Dilanjutkan giat perkenalan alutsista (peralatan utama sistem pertahanan) dan dimeriahkan dengan acara outbound. 

"Jika selama ini masih ada anggapan tentara itu serem, dengan giat Sahabat Sejati maka para siswa akan tahu dan lebih dekat dengan tentara, khususnya TNI AD. Kita akan senang-senang sambil belajar tentang dunia militer serta meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa," ungkapnya. 

Pada Sabtu (30/9) malam, tepat 30 September, pihaknya juga akan menggelar nonton bareng film semi dokumenter G30S/PKI bersama ratusan siswa tersebut.

Dilanjutkan pula kegiatan ikrar yang akan dibacakan oleh peserta yang merupakan pengurus OSIS SMA dan SMK dari daerah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep pada tengah malam. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)