INASGOC Hari Ini Buka Pendaftaran Sukarelawan Asian Games 2018

:


Oleh Astra Desita, Senin, 18 September 2017 | 15:16 WIB - Redaktur: Juli - 334


Jakarta, InfoPublik - Setelah didesak, Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) akhirnya secara resmi mengumumkan pendaftaran volunteer alias sukarelawan Asian Games 2018.

Pengumuman pendaftaran sukarelawan Asian Games 2018 itu dilakukan di kantor INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Senin (18/9) oleh Ketua INASGOC Erick Thohir.

Hadir dalam acara itu perwakilan dari Palembang, perwakilan dari DKI Jakarta dan jajaran, serta lima perwakilan volunteer yang mendaftar hari ini. "Dengan mengucap bismillah kita luncurkan," kata Erick kepada media.

Menurut Erick, pendaftaran sukarewalan itu bisa dilakukan melalui situs resmi Asian Games: asiangames2018.id. Kemudian tinggal klik pada kanal 'be a volunteer'.

Pendaftaran volunteer itu dibagi menjadi dua periode. Pertama pendaftaran mulai 18 September-23 Oktober untuk sukarelawan yang akan ditugaskan pada test event.

Adapun untuk sukarelawan yang bertugas pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, pendaftaran dimulai pada Desember 2017.

"Kenapa digelar 18 September karena setiap tanggal itu akan ada momentum untuk mengingatkan akan ada Asian Games. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan kami menggelar multievent tersebut," tutur Erick dalam sambutannya.

Panpel Asian Games kata dia, akan membuka lowongan sukarelawan hingga 13 ribu orang jika mereka sanggup bergabung selama 14 hari penuh sepanjang Asian Games 2018 bergulir.

"Untuk sukarelawan test event, kami membutuhkan 2 ribu orang. Tapi, untuk games kami butuh 13 ribu, dengan rincian 11 ribu untuk di Jakarta dan 2.000 untuk di Palembang," tutur Erick.

Tapi jumlah itu bisa bertambah karena setelah data masuk bisa diketahui kebutuhan untuk volunteer 25 hari. "Tapi, ternyata banyak volunteer hanya mendaftar 11 hari, lalu 14 hari sisanya siapa? Karena itu bisa saja jumlah volunteer lebih. Ini yang mesti setelah data register terkumpul, kami akan buat jadwal detailnya," kata Erick.

Erick mengatakan, kalau masyarakat yang mendaftar sebagai sukarelawan tak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Jadi, jangan sampai terkecoh jika ada yang menawarkan posisi serupa dengan pungutan biaya.

"Jadi pendaftaran sukarelawan ini gratis. Karena saya menerima sms tentang adanya pungutan biaya Rp50 ribu. Itu tidak sama sekali. Register ini free dan tentu dukungan volunteer ini akan kami service dengan adanya trasnportasi, uang makan, serta fasilitas lainnya seperti baju, sepatu, dan lainnya. Ini clear," tegas Erick.

Sistem rekrutan online merupakan kerja sama antara Departemen Human Resource & Volunteer dengan Departemen IT &T INASGOC. Pendaftaran terbuka bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.