TNI, Polri dan Masyarakat Rame-Rame Donor Darah di Mall

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 18 September 2017 | 09:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 273


Surabaya, InfoPublik – Suasana mall Tunjungan Plaza (TP), Jumat (15/9) siang tampak lebih ramai dari biasanya. Ratusan anggota TNI bersama Polri dan masyarakat berkumpul untuk mengikuti donor darah. Kegiatan digelar dalam rangka HUT TNI tahun 2017.

Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan, donor darah menjadi kegiatan sosial dari Kodam untuk memperingati HUT TNI ke-72 tahun 2017. Dipilihnya kegiatan donor darah, karena stok darah masih terus dibutuhkan oleh masyarakat sehingga menjadi perhatian bagi TNI.

“Dalam menyambut HUT TNI ke-72, hal ini seakan menggugah inspirasi dan inisiatif Kodam V Brawijaya untuk terus mencukupi stok darah di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Tak hanya dari kalangan TNI saja, berlangsungnya donor darah kali ini juga diikuti oleh instansi Polrestabes Surabaya beserta masyarakat, khususnya para pengunjung mall Tunjungan Plaza,” katanya.

Dipilihnya lokasi mall, untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat melalui kegiatan sosial. “Sambil jalan-jalan, belanja di mall bisa ikut donor darah. Sambil donor darah bisa jalan-jalan juga sambil cuci mata. Supaya ada pemandangan baru yang lebih fresh. Kalau di markas yang dilihat itu-itu saja,” ujarnya.

Donor darah, kata dia, dipilih karena banyak anggotanya yang sudah menjalani rutinitas tersebut. Untuk target kantong darah, mantan Pangdam Udayana tersebut berharap bisa sumbang 7.000 kantong darah untuk seluruh jajaran Kodam V Brawijaya. Sedangkan untuk donor di mall Surabaya tersebut, dirinya menargetkan 650 kantong darah yang siap untuk disumbangkan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, tidak hanya TNI dan Polisi saja. Masyarakat, khsususnya para pengunjung mall ini juga sukarela untuk menyumbangkan darahnya,” tukas Mayjen Kustanto.

Di sela-sela kegiatan berlangsung, dengan dihadiri juga oleh Pangarmatim Laksamana Muda Darwanto, Kasgartap III/Surabaya Brigjen TNI Widodo, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal serta  beberapa pejabat teras Kodam V/Brawijaya.

Pangdam menyempatkan diri untuk melihat seluruh fasilitas yang telah disediakan oleh panitia selama berlangsungya kegiatan baksos tersebut. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/Kus)