Peringatan Hari Koperasi ke-70, Dekopin Gelar Berbagai Kegiatan

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Rabu, 6 September 2017 | 06:13 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 422


Pematangsiantar, Infopublik - Sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional, koperasi masih tertinggal dibandingkan soko guru lainnya, yaitu swasta, dan BUMN.

Padahal jika dibandingkan, koperasi memiliki peran dan potensi ekonomi yang cukup besar.

Demikian halnya dengan sektor Usaha Kecil Menengah UKM, sebagai unit usaha yang jumlahnya paling besar, dan perannya sering dikaitkan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran, memerangi kemiskinan, dan pemerataan pendapatan, dirasakan belum mampu memenuhi harapan yang diinginkan untuk menjadi salah satu sektor penting dalam penciptaan pasar baru bagi produk - produk unggulan Indonesia, baik dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor koperasi dan UKM di Tanah Air, melalui pemberdayaan potensi dan peluang bisnis sekaligus mencari solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi, seperti permodalan, sumber daya manusia, teknologi, pemasaran dan lain sebagainya.

Dalam kaitan tersebut dan sebagai bagian integral dari rangkaian Peringatan Hari Koperasi Nasional Harkopnas ke-70, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Pematangsiantar didukung pemerintah kota melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan menggelar seminar koperasi berbasis IT dan penanaman 2000 bibit pohon, yang akan disebar kepada para pengurus koperasi yang ada di kota Pematangsiantar dan sebanyak 300 bibit pohon secara simbolis di tanam Wali Kota Hefriansyah, di Mako Brimob Jalan Ahmad Yani, Selasa (5/9) pagi.

Saat membuka seminar, wali kota mengatakan bahwa seminar koperasi berbasis IT ini bagian dari upaya bersama agar nantinya koperasi di Kota Pematangsiantar dapat berkembang pesat, karena nilai berkoperasi adalah kebersamaan dan kegotong royongan, maka harus didorong bersama untuk maju dan terus berbenah dari sisi SDM pengurus,  manajemen,  produk dan pola pemasaran.

Selain itu wali kota juga menjelaskan, bahwa pemerintah kota memiliki bantuan partisipasi dana bergulir, "Untuk itu tolong dimanfaatkan, diberdayakan dan dimaksimalkan," katanya.

Dalam acara tersebut tampak hadir Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kalbiner Lumbantungkup, Ketua Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) Pematangsiantar, Raja PS Janter Aruan, Ketua Panitia HUT Koperasi Pasca Yosef Manurung, serta Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Pematangsiantar Barmen Manurung, dan seluruh perwakilan koperasi di Kota Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar)