Pangdam dan Bupati Banyuasin Panen Raya Padi, Banyuasin Optimis Capai 1,67 Juta Ton

:


Oleh MC Kabupaten Banyuasin, Senin, 21 Agustus 2017 | 09:28 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 462


Rambutan, Infopublik - Panglima Kodam II Sriwijaya bersama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, serta Bupati Banyuasin melakukan panen raya padi sawah lebak.

Panen raya padi dengan menggunakan BIOS 44 ini dilaksanakan di Desa Geelbak Dalam Kecamatan Rambutan, Sabtu (19/8).

Plt Bupati Banyuasin SA Supriono mengatakan, capaian yang telah dilakukan di Kabupaten Banyuasin merupakan kerja sama dari berbagai pihak, terutama atas peranan besar dari jajaran Kodam II Sriwijaya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Banyuasin terutama dalam penyediaan Alsintan, infrasrtruktur, dan alat produksi pertanian lainnya, serta penggerakan potensi pertanian,” ungkap Supriono dihadapan Pangdam II Sriwijaya.

Menurutnya, Kabupaten Banyuasin merupakan penghasil padi terbesar di Sumatera Selatan dengan capaian sebanyak 1.456.610 ton GKG di tahun 2016.

“Untuk tahun ini, target pencapaian yang ditetapkan Kementerian Pertanian adalah 1,67 juta ton GKG. Hingga periode bulan Juli, produksi padi sudah mencapai 1,15 juta ton GKG,” kata Plt Bupati Banyuasin.

Lebih lanjut Suptiono mengatakan berdasarkan laporan statistik pertanian tahun 2016, luas lahan di Kabupaten Banyuasin ditanami seluas 192.330 hektare padi, terbagi atas sawah pasang surut seluas 161.872 hektare dan selebihnya 30.458 hektare sawah lebak.

Pemkab Banyuasin terus berkomitmen melakukan program-program untuk peningkatan produktivitas padi. “Sebagai contoh adalah upaya percepatan tanam pada bulan September 2017 di lahan pasang surut di 10 kecamatan,” kata Supriono.

Sementara Pangdam II Sriwijaya Mayjen AM Putranto mengatakan apa yang dilakukan hari ini merupakan suatu upaya kemauan dan kerja keras kita semua dengan melakukan inovasi teknologi dan penerapan Bios 44 yang berguna memperbaiki dan meningkatkan kesuburan tanah sehingga produksi dapat ditingkatkan hasilnya.

“Saya ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen, terkhusus untuk Para Petani Banyuasin, Pak Bupati Banyuasin, dan jajaran Prajurit Kodam II Sriwijaya. Kita terus berupaya meningkatkan produktivitas padi,” ungkap Pangdam.

“Pada kesempatan ini saya juga terus mengingatkan agar tidak melakukan pembakaran hutan untuk keperluan apapun, termasuk untuk keperluan pembukaan lahan pertanian baru,” kata Pangdam II Sriwijaya.

Hadir dalam acara Panen raya yaitu Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto,  Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Kasdam II Sriwijaya Brigjen Marga Taufik, Danrem 044 Garuda Dempo Kol inf Kunto Arif Wibowo,  Dir Pengolahan Lahan dan Air Kementan RI Prasetyo Nuchsin, Plt Bupati Banyuasin SA Supriono, Dandim 0401 Muba Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Kepala BPS Banyuasin, anggota DPRD Banyuasin dapil Rambutan, dan beberapa Kepala OPD Banyuasin.