Lomba Panjat Pinang Meriahkan HUT RI di Perbatasan Indonesia-PNG

:


Oleh Jhon Rico, Kamis, 17 Agustus 2017 | 18:36 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 829


Jayapura, InfoPublik- Lomba panjat pinang meriahkan HUT ke-72 RI di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Pantauan InfoPublik, Kamis (17/8), ada tiga pohon pinang lengkap dengan ragam hadiah di puncaknya. Tim dibagi menjadi dua grup. Grup satu merupakan warga asli Papua dan grup kedua merupakan warga perantau dari pulau Jawa.

Kedua tim terlihat sangat semangat secara bergantian memanjat pohon pinang. Setiap tim yang terdiri dari 10 orang ini terus memanjat pohon pinang sambil sesekali terpeleset akibat licinnya batang pinang yang sudah dibaluri oli.

Di atas pohon pinang terdapat berbagai macam hadiah seperti tas, peralatan memasak, kasur lipat dan lain-lain. Panitia juga menyediakan hadiah utama yang ditaruh di puncak pohon pinang berupa uang tunai Rp.500 ribu.

Pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang akan berkunjung ke PLBN Skouw. Tak jarang pengendara sengaja membuka kaca mobil untuk sekadar memberikan senyum kepada para peserta lomba.

Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto menjelaskan, selain lomba panjat pinang dalam perayaan HUT RI ke-72 ini juga ada lomba voli, pertunjukan, pasar murah, pengobatan gratis dan lainnya.