Pemkab Belu Ingin Tingkatkan Produktivitas Perkebunan di Perbatasan

:


Oleh Gusti Andry, Rabu, 16 Agustus 2017 | 18:15 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 358


Atambua, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Belu bertekad meningkatkan potensi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan dengan mengembangkan sektor perkebunan dan perikanan.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Belu  Petrus Bere di sela-sela jumpa pers menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia. “Kita akan meningkatkan produktivitas masyarakat di sekitar wilayah perbatasan,” katanya kepada InfoPublik, Rabu (16/8).

Apa yang telah dilakukan selama ini, jelas Petrus, pihak pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk mengembangkan sejumlah komoditas perkebunan, seperti ubi ungu, bawang tuktuk, anggur dan lain-lain. “Termasuk pula masyarakat di sekitar pantai wilayah perbatasan untuk mengembangkan kepiting bakau,” paparnya.

Ia mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain beberapa waktu lalu. “Mari kita membangun Indonesia mulai dari perbatasan. Tema besar HUT RI tahun ini adalah Indonesia Kerja Bersama,” katanya.

Ia mengegaskan kemerdekaan bukan hasil golongan tertentu, melainkan berkat peran semua ras dan agama yang ada di republik ini. Dengan demikian, semua butuh kerja bersama dalam mengisi kemerdekaan.

Diakui, sebagai daerah perbatasan, kabupaten yang bertetangga langsung dengan Timor Leste ini, memiliki sejumlah musuh, yakni kemiskinan, kebodohan, dan narkoba. “Ini yang harus kita lawan bersama,” tegasnya.

Program pemerintah harus dioptimalkan, seperti untuk melawan kemiskinan dengan menyukseskan Program Beras Sejahtera (Rastra). Meski begitu, lanjutnya, masyarakat Belu jangan juga terlalu tergantung pada Program Rastra.

“Orang Belu makanan pokoknya adalah jagung, kita harus kembalikan ini dengan memaksimalkan potensi jagung daerah kita. Jangan terlalu tergantung pada beras,” katanya.

Demikian pula dalam melawan kebodohan, harus ditingkatkan  mutu pendidikan dari dasar hingga perguruan tinggi. Dengan pendidikan yang baik, otomatis masalah lainnya seperti narkoba juga bisa ditanggulangi.