Jalur Bandara Sentani - PLBN Skouw Mulus dan Lancar

:


Oleh Jhon Rico, Rabu, 16 Agustus 2017 | 06:44 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jayapura, InfoPublik - Jalur darat dari Bandara Sentani Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw sangat baik dan lancar.

Kabid Infokom Diskominfo Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Irianto menjelaskan jalur menuju PLBN memang sudah sangat baik sebelum diresmikan. "Jalan sudah bagus juga sebelum diresmikan. Jalannya dari dulu memang sudah bagus. Setelah pak Jokowi resmikan dipertebal lagi, malah nambah mantap lagi," kata Irianto kepada InfoPublik di Jayapura, Rabu (16/8).

Menurut dia, jarak dari Bandara Sentani Jayapura ke PLBN bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih satu jam. Jalannya mulus dan tidak terlalu padat.

PLBN Terpadu Skouw, yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura   berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini (PNG).

PLBN Skouw didukung oleh Sub Zona Inti sebagai pusat pertumbuhan ekonomi perbatasan. Kawasan PLBN Terpadu Skouw memiliki luas 10,7 Ha, dibangun sejak Desember 2015 hingga November 2016 oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan anggaran Rp165,9 miliar.

Dijelaskan, desain PLBN Terpadu Skouw mengusung budaya lokal Papua. Desainnya mengadaptasi bentuk bangunan khas Rumah Tangfa, penggunaan ornamen lokal, serta penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau (green building). Rumah Tangfa merupakan rumah pesisir di daerah Skouw, yang memiliki atap dengan bentukan perisai dan dua ruang panjang untuk masyarakat berkumpul.