Sebanyak 136 Pelajar Ikuti Bintal Juang Remaja Bahari TNI AL 2017

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 13 Juli 2017 | 08:36 WIB - Redaktur: Kusnadi - 786


Surabaya, InfoPublik – Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2017 resmi dibuka. Sebanyak 136 pelajar terdiri dari 76 putra dan 60 putri, serta guru pendamping 7 orang, dan panitia 51 orang turut memerihakam BJRB TNI AL 2017. Peserta berasal dari berbagai kota di Jawa Timur diantaranya Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Blitar, Banyuwangi, Malang, Madura, Lamongan dan Trenggalek.

“TNI AL terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam menumbuh-kembangkan  jiwa dan semangat bahari bangsa khususnya kepada generasi muda,” kata Wadan Lantamal V, Kolonel Marinir Nana Rukmana di Gedung Serba Guna,  Mako Lantamal V Surabaya, Selasa (12/7).

Kegiatan yang diikuti pelajar tingkat SMP dan SMU sederajat ini mengusung tema, Melalui Bintal Juang Remaja Bahari 2017, Kita Tumbuhkan Mental Remaja Yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Tanah Air Dan Berjiwa Bahari.

BJRB merupakan kegiatan tahunan TNI AL yang dilaksanakan Lantamal untuk mengisi liburan sekolah pelajar SMP/SMA. BJRB diisi dengan kegiatan positif dan bermanfaat serta meningkatkan pembinaan mental rohani, ideologi dan mental juang semangat jiwa bahari.

“Kami menyadari bahwa pembangunan kelautan mencakup berbagai aspek dan melibatkan berbagai disiplin ilmu. Sehingga keberhasilannya membutuhkan peran aktif segenap komponen bangsa untuk bersama-sama memberikan kontribusi maksimal bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup bangsa Indonesia,” jelasnya.

Peran aktif tersebut kata Edi, kini telah dicanangkan oleh Presiden RI bapak, Joko Sidodo yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hal itu, kata dia diwujudkan dengan aktualisasi pembangunan bangsa diletakkan pada kerangka wawasan nusantara yang menempatkan pembangunan kelautan secara proporsional dalam tataran pembangunan nasional secara menyeluruh.

Dari kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan kembali visi maritim bangsa yang selama ini tampaknya semakin memudar.  Upaya ini harus dilakukan sedini mungkin dan merupakan langkah-langkah prediktif strategik yang perlu direncanakan secara konseptual, karena hasilnya akan ikut menentukan masa depan pembangunan bangsa secara menyeluruh kedepan.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, para peserta BJRB akan menerima materi pembinaan mental rohani, dasar-dasar kepemimpinan,  pengenalan dan berlayar dengan KRI, pengenalan alat tempur Marinir, pengenalan pesawat terbang TNI AL, penyuluhan tentang kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, lesbian gay biseks transgender (LGBT)  dan krida saka bahari.

Pelaksanaan BJRB Kali ini mulai dari tanggal 12 - 14 Juli 2017. Adapun beberapa program materi atau games yang akan diberikan oleh para Pembina BJRB kali ini yaitu Materi Pembinaan Mental (Bintal), Materi Lalu Lintas (Lalin), Pengenalan Alat Selam, Materi Hukum, Outbond, Materi Narkoba, Materi Kepemimpinan dan Joy sailing dengan KRI Teluk Banten-516.  (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/Kus)