Urai Kepadatan Arus Balik Lebaran, Tol Cipali Arah Japek Diberlakukan Contraflow

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 1 Juli 2017 | 19:28 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 271


Jakarta, InfoPublik - Pada Sabtu (1/7) sejak pukul 15.30 WIB Kepolisian memberlakukan contraflow satu arah di Jalan Tol Cipali menuju Tol Jakarta – Cikampek (Japek) mulai KM 126 hingga KM 83.

Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso dalam keterangannya pada Sabtu (1/7) mengemukakan, kebijakan tersebut dilakukan atas masukan dari Jasa Marga, untuk membantu memecahkan kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Cipali arah Japek.

Dengan adanya contraflow tersebut, lanjut Dwimawan, maka jalur dari Japek yang menuju Cipali ditutup dan dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Cikopo dan GT Kalihurip. Hal ini ditempuh agar kepadatan di Jalan Tol Cipali dapat segera terurai.

"Sebagai imbas dari contraflow ini maka kedatangan lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama bisa lebih cepat, dan oleh karenanya Jasa Marga telah bersiap untuk mengantisipasi dengan mensiagakan 31 gardu operasi di Gerbang Tol Cikarang Utama," jelasnya. 

Menurut Dwimawan, pihaknya juga menyiapkan strategi cadangan jika nantinya masih terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama, maka pengguna jalan akan dialihkan keluar melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 2 dan masuk lagi ke Jalan Tol Japek melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 4 dengan tarif yang sama.

Menghadapi musim balik Lebaran 2017, Jasa Marga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk pengguna jalan tol. "Kami menyediakan layanan informasi realtime," tambahnya.