Pelabuhan Merak Siap Hadapi Arus Balik

:


Oleh Jhon Rico, Selasa, 27 Juni 2017 | 21:30 WIB - Redaktur: Juli - 441


Jakarta, InfoPublik - Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak Banten siap menghadapi arus balik Lebaran yang diprediksi akan terjadi di H+5 mendatang.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan kedatangan pemudik dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Merak Banten. "Kita support pelabuhan Bakauheni, jangan sampai kapal telat ke Bakauheni," kata dia kepada InfoPublik, Selasa (27/6).

Dia juga menegaskan, telah melakukan kerja sama dengan pihak dinas perhubungan Provinsi Banten untuk menyediakan bus angkutan dari dermaga ke Terminal Merak. "Kita juga kerja sama dengan Dishub Provinsi (Banten), siagakan bus untuk angkut dari dermaga ke terminal," ujar dia.

Data di hari lebaran kedua, ada sekitar 8.854 kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Merak Banten. Kendaraan tersebut terdiri dari 3.479 sepeda motor, 5.067 kendaraan roda empat, 127 bus, 181 truk dan 5.375 kendaraan roda empat lebih. Pelabuhan Bakauheni total telah memberangkatkan sekitar 44.479 penumpang dengan 30 kapal Ferry dengan jumlah trip 114.