Bentuk Dukungan Bagi Pengembangan Desa Wisata

:


Oleh MC Kab. Malang, Kamis, 22 Juni 2017 | 11:22 WIB - Redaktur: Kusnadi - 807


Pakis, InfoPublik - Demi meningkatkan sumber daya manusia pariwisata Kabupaten Malang 2017, instansi terkait menggelar kegiatan diseminasi pentingnya pengembangan desa wisata untk membangun potensi pariwisata di Kabupaten yang mempunyai branding The Heart of East Java ini.

Kegiatan ini digelar di Pendopo Taman Wisata Wendit Kecamatan Pakis dan diikuti sekitar 200 peserta terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa dari Kementerian Desa Drs. Sugeng Priono, M.Si didampingi Kasubdit Pengembangan BUMDes Mulyadi Malik, para narasumber yang salah satunya dari PMI Kab. Malang, Muspika Pakis, pengelola desa wisata, serta pengelola daya tarik wisata di lingkup Kabupaten Malang.

Ditemui usai membuka kegiatan diseminasi tersebut Bupati Malang H. Rendra Kresna mengharapkan, BUMDes bisa dikelola dengan baik di tiap desa.

“Apalagi banyak di wilayah lain dengan dimilikinya BUMDes sudah bisa mendapatkan omzet mencapai milyaran rupiah. Itu kan berarti sudah profesional dalam mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa dari segi pendampingan terhadap pembangunan BUMDes dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Made Arya Wedhantara, SH., M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam laporannya menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan inovasi kepada pelaku wisata mengembangkan potensi pariwisata di wilayah masing-masing yang nantinya diharapkan setiap tahun bisa membentuk desa wisata sehingga dukungan dari Kementerian Desa bisa bergulir.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Sugeng Priono yang menyempatkan waktunya untuk membagi ilmunya tentang pengembangan desa wisata dan juga BUMDes.

“Perlu diketahui bahwa saat ini di Kabupaten Malang sudah ada 15 desa wisata dimana tugas kita adalah memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan yang nanti sangat mempengaruhi  kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga mampu meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB Kab. Malang,” imbuh Made.

Sebelum diseminasi dimulai, Bupati Malang berkesempatan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada desa wisata Bowele Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo berupa sembilan unit alat snorkling, empat unit alat selam dan empat unit alat selancar. Tak hanya itu, desa wisata Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan juga menerima bantuan berupa alat snorkling sebanyak sembilan unit. (humas/win/Kus)