Pemerintah Siapkan Empat Jalur untuk Pemudik di Pulau Jawa

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 20 Juni 2017 | 19:00 WIB - Redaktur: Juli - 251


Jakarta, InfoPublik - Pemerintah siapkan empat jalur infrastruktur jalan bagi masyarakat yang akan melakukan tradisi mudik di sekitar pulau Jawa, demi mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto meminta kepada pemudik untuk tidak  mengandalkan jalan tol Trans Jawa sebagai jalur utama untuk pulang kampung. Karena pihaknya telah menyiapkan sebaik mungkin tiga jalur lainnya yaitu jalan pantai utara (pantura) jalan lintas selatan serta jalan pantai selatan (pansela).

“Kami harapkan para pemudik mau berbagi (jalan). Tidak mungkin Kementerian PUPR mendesain jalan khusus untuk kebutuhan lebaran, karena ini kan kejadian extraordinary,” ujar Arie Setiadi Moerwanto melalui siaran pers, Selasa (20/6). 

Ia melanjutkan, pemudik yang memiliki tujuan Semarang dan Surabaya disarankan menggunakan jalan tol dan jalan pantura. Sedangkan arus kendaraan yang mengarah ke Yogyakarta dan sekitarnya dapat melewati jalur lintas selatan.

Meskipun memiliki jarak yang lebih panjang, Arie memastikan kondisi lintas selatan siap untuk digunakan dan memiliki pemandangan yang lebih indah.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, infrastruktur jalan yang siap tidak hanya di jalur Pantai Utara Jawa yang tetap menjadi primadona pemudik karena konsentrasi penduduknya, Kementerian PUPR juga menyiapkan jalur-jalur lainnya di Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

"Memasuki H-10, pada jalur yang dikenal padat sebagai jalur wisata dan logistik di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Padang (Bypass)-Bukit Tinggi-Batas Riau melakukan perbaikan berupa penanganan longsoran dan penutupan lubang, serta menempatkan personil di posko-posko siaga Sapta Taruna Bina Marga yang tersebar di jalur tersebut," ujarnya.