Pemerintah Operasikan Tol Trans Jawa Sepanjang 327 KM Saat Mudik

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 20 Juni 2017 | 18:56 WIB - Redaktur: Juli - 397


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) mengoperasikan jalan tol Trans Jawa sepanjang 327 Km yang terbagi dari Brebes Timur-Gringsing (110 Km) dan Semarang-Surabaya (227 Km) saat mudik lebaran tahun ini. 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto menjelaskan, jalan tol Brebes Timur-Gringsing kondisinya memang baru perkerasan awal dengan tebal 10 cm dan lebar 7 meter. Sedangkan untuk kondisi jalan tol mulai dari Semarang mengarah ke Surabaya perkerasannya sudah dalam kondisi beton.

“Jalan tol fungsional mulai bisa dipakai besok yang kami rekomendasikan digunakan siang hari, namun pada puncak arus mudik ada kemungkinan dibuka full 24 jam dengan pengamanan dari korlantas,” ujar Arie Setiadi Moerwanto di Jakarta, Selasa (20/6).

Dia melanjutkan, pihaknya juga mengoperasikan fly over Klonengan dan memfungsikan tiga fly over lainnya yaitu Dermoleng, Kesambi dan Kretek pada jalur Pejagan menuju Prupuk Jawa Tengah. Keberadaan empat fly over tersebut krusial untuk mencegah terulangnya kejadian kepadatan tinggi setelah keluar pintu tol Brebes Timur, akibat persinggungan jalan raya dengan lalu lintas kereta api.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, infrastruktur jalan yang siap tidak hanya di jalur Pantai Utara Jawa yang tetap menjadi primadona pemudik karena konsentrasi penduduknya, Kementerian PUPR juga menyiapkan jalur-jalur lainnya di Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

"Memasuki H-10, pada jalur yang dikenal padat sebagai jalur wisata dan logistik di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Padang (Bypass)-Bukit Tinggi-Batas Riau  melakukan perbaikan berupa penanganan longsoran dan penutupan lubang, serta menempatkan personil di posko-posko siaga Sapta Taruna Bina Marga yang tersebar di jalur tersebut," katanya.