Masyarakat Dapat Gunakan Ruas Bypass Padang Saat Mudik

:


Oleh Tri Antoro, Senin, 19 Juni 2017 | 23:01 WIB - Redaktur: Juli - 271


Jakarta, InfoPublik - Ruas Padang Bypass proyek pelebaran jalan dari dua lajur menjadi empat jalur di Sumatera Barat pada kedua arah saat ini sudah selesai dikerjakan.

"Jalan ini memiliki panjang 27,25 km yang menghubungkan Teluk Bayur sampai Flyover Duku tanpa perlu masuk kota Padang. Jadi pemudik yang hendak melakukan perjalanan ke Bengkulu bisa langsung melalui Padang Bypass, termasuk yang ingin mudik ke Pekanbaru, Riau dan ke Padang Sidempuan hingga Medan," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Syaiful Anwar melalui siaran pers, Senin (19/6). 

Menurut dia, pelebaran jalan yang menggunakan APBN senilai Rp436 miliar tersebut, dilaksanakan sejak April 2014 dan telah selesai 100 persen. Lebih lanjut disampaikan, pembiayaan pelebaran jalan Padang Bypass ini menggunakan pinjaman luar negeri Pemerintah Korea Selatan.

Pelebaran dilakukan dari seksi Gaung-Lubuk Begalung sepanjang 5 Km dan seksi Lubuk Begalung-Duku sepanjang 22 Km.

Saat ini masih terdapat beberapa titik penyempitan jalan namun akan dilanjutkan pengerjaannya dengan menggunakan dana alokasi APBN senilai kurang lebih Rp33 miliar. "Penyempitan jalan ada di 12 titik ruas jalan dengan total sepanjang 1,4 km lagi,” ungkapnya.

Pekerjaan pelebaran juga termasuk melakukan penambahan jembatan baru sebanyak 9 buah dengan panjang total 628 meter. "Untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara, railing jembatan kita cat merah, termasuk adanya marka dan lampu penerangan yang sudah sesuai standar,” tutup Syaiful.