Dukung Kelancaran Puncak Arus Mudik, Garuda Indonesia Optimalkan Layanan Digital

:


Oleh Dian Thenniarti, Senin, 19 Juni 2017 | 17:12 WIB - Redaktur: Juli - 135


Jakarta, InfoPublik - Maskapai Garuda Indonesia akan mengoptimalkan pelayanan mobile aplikasi untuk memudahkan check in para penumpang secara online.

"Langkah tersebut diambil agar tidak terjadi penumpukan antrean penumpang saat check in di counter Garuda saat puncak arus mudik Lebaran," Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono disela-sela kegiatan tinjauan kesiapan operasional penerbangan di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (18/6).

Menurutnya, optimalisasi sistem mobile aplikasi ini akan memudahkan penumpang. Ada penambahan 38 self counter. "Kami harapkan berbagai upaya peningkatan layanan ini dapat mengurangi potensi penumpukan penumpang di bandara," ujarnya.

Garuda Indonesia juga telah menyediakan tambahan jembatan penghubung antara bandara dan pesawat atau Garbarata. Melalui Garbarata inilah penumpang bisa menyeberang ke pesawat tanpa harus keluar dari gedung terminal.

Lebih lanjut Sigit memaparkan, selama periode peak season tahun ini, Garuda Indonesia Grup menyiapkan sedikitnya 128.376 kursi penerbangan ekstra, baik domestik maupun internasional. Hal ini guna mengantisipasi peningkatan pergerakkan penumpang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 yang diperkirakan berlangsung pada 16 Juni—9 Juli 2017.

"Komposisi dari 128.376 kursi tambahan tersebut terdiri dari 49.896 kursi Garuda Indonesia, dan 78.480 kursi anak perusahaan Citilink," ujar Sigit.

Penambahan kapasitas tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan pesawat berbadan lebar, serta melalui pengoperasioan penerbangan ekstra dengan komposisi 47.616 kursi untuk rute domestik dan 2.280 utuk rute internasional.

Menurut Sigit, melalui penambahan kapasitas penerbangan tersebut, Garuda Indonesia dan Citilink mengoperasikan total 482 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri atas 388 penerbangan ekstra dan 144 penerbangan dengan pesawat wide body.

"Kami optimis layanan operasional maskapai selama periode peak season Lebaran akan berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Pada kesempatan peninjuan tersebut Garuda Indonesia juga membagikan souvenir kepada sejumlah pengguna jasa yang akan terbang.