Tiga Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 500 Besar Dunia

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 8 Juni 2017 | 22:06 WIB - Redaktur: Juli - 909


Jakarta, InfoPublik - Tiga perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk ke dalam peringkat 500 universitas teratas dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR).

Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada masuk dalam peringkat dunia tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi pada 2016, tiga perguruan tinggi ini meraih lompatan yang luar biasa.

"Universitas Indonesia yang sebelumnya ranking 325, naik menjadi 227. Institut Teknologi Bandung yang sebelumnya 401 naik menjadi 301. Universitas Gadjah Mada dari 501 naik menjadi 440," tutur Menristekdikti Mohamad Nasir dalam kuliah umum di Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (8/6), seperti yang disampaikan dalam keterangan Kemenristekdikti.

Menurut Menristekdikti, kenaikan peringkat dari tiga perguruan tinggi tersebut menunjukkan hasil kerja keras perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya menunjukkan hasilnya.

Ke depannya Kemenristekdikti berupaya membuat pemeringkatan perguruan tinggi di Tanah Air agar ada gairah bersaing antar perguruan tinggi. Baik itu top 50 perguruan tinggi di Indonesia, top 100 dan sebagainya.

Menristekdikti berharap pada tahun ini, ada satu lagi universitas yang masuk ke dalam peringkat 500 dunia. Pemerintah menargetkan hingga 2019, ada lima universitas di Tanah Air yang masuk ke dalam ranking 500 dunia. "Untuk itu perguruan tinggi harus menjaga kualitas. Begitu juga dengan dosen-dosen," ungkap Mohamad Nasir.