Unik, Setiap Rumah di Desa Bambapuang Enrekang Punya Kotak Amal

:


Oleh Admin MC Enrekang, Minggu, 4 Juni 2017 | 13:47 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Enrekang, InfoPublik - Kotak amal biasanya identik dengan masjid atau tempat ibadah lainnya. Akan tetapi, rumah-rumah di Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang justru punya kotak amalnya masing-masing.

Kepala Desa Bambapuang, Abdul Muis menjelaskan, setiap rumah menyumbang sesuai kemampuan melalui kotak amal tersebut. Isi kotak amal Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) akan dikumpulkan setiap bulan menjadi kas desa untuk kegiatan-kegiatan sosial maupun kemanusiaaan penduduk setempat.

"Caranya sederhana dan tidak memberatkan dengan membuat kotak celengan dan diperuntukkan semua anggota keluarga. Mereka secara sukarela memasukkan uang receh setiap saat dengan niat dana sosial," papar Muis, Jumat (2/6).

Dana yang terkumpul bisa mencapai Rp5 juta per bulan. Ia pun menceritakan, dana tersebut juga sudah sering dipakai untuk masyarakatnya.

"Contohnya, pernah ada warga kami terkena musibah kecelakaan lalu lintas dan suaminya meninggal dunia. Istri korban yang dalam perawatan di Rumah Sakit Wahidin Makassar mendapatkan bantuan seluruh biaya pengurusan dari dana ZIS itu," terang Muis.

Salah satu komisioner Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang, Baharuddin, pun sangat mengapresiasi inisiatif salah satu desa yang juga punya populer dengan destinasi wisatanya, yakni Buttu Macca. "Itu sangat bagus. Artinya, dalam pikiran masyarakat sudah tertanam kesadaran untuk berzakat," pungkas Bahar. (MC Enrekang)