Penderita Maag Disarankan Hindari Makanan ini Selama Puasa

:


Oleh Putri, Selasa, 23 Mei 2017 | 19:17 WIB - Redaktur: Juli - 198


Jakarta, InfoPublik - Selama berpuasa, asupan makanan dan minuman harus menjadi perhatian, terutama pada penderita sakit maag dianjurkan sebaiknya menghindari makanan yang dapat memperberat gejala sakit maag.

Praktisi Kesehatan Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH mengatakan, penderita maag sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat.

"Sayuran seperti sawi dan kol, buah nangka, pisang ambon, dan makanan berserat seperti kedondong dan buah yang dikeringkan, serta minuman bersoda. Hindari juga kopi, minuman beralkohol, anggur putih, dan susu full cream," kata Dr. Ari dalam keterangan PB IDI di Jakarta, Selasa (23/5).

Ia juga menyarankan agar menghindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.

Hindari juga makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang. Selain itu ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindarkan bagi penderita sakit maag, antara lain beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, tales dan dodol.

"Akhirnya dengan keyakinan bahwa puasa akan membuat kita sehat, Insya Allah kita dapat melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya tanpa gangguan kesehatan. Hal ini bisa terwujud kita bisa memperhatikan makanan dan minuman kita serta segera berkonsultasi dengan dokter jika mempunyai permasalahan kesehatan," kata dr. Ari.