Anggaran Kesehatan Pemkot Palembang 14 Persen dari APBD

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 17 Mei 2017 | 07:00 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 401


Palembang, InfoPublik - Pemerintah Kota Palembang terus berkomitmen terhadap kesehatan, yakni dengan menganggarkan 14,5 persen dari APBD untuk kesehatan. Prosentase ini melampaui ketentuan pemerintah pusat yang sebesar 10 persen.

Penegasan ini disampaikan Wali Kota Palembang Harnojoyo saat membuka secara resmi acara Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Palembang 2017, di aula serba guna Asrama Haji Palembang, Selasa (16/5). Acara ini diikuti sebanyak 400 kader posyandu.

“Saya harapkan kegiatan ini dapat membuka wawasan, keterampilan, menggali potensi, menjalin silaturahmi, dan meningkatkan prestasi kader posyandu di Palembang,” ujar Harnojoyo.

Selain itu, Pemerintah Kota Palembang juga memiliki tiga puskesmas terakreditasi paripurna dengan peralatan lengkap, termasuk fasilitas rawat inap.

Tiga puskesmas itu, yakni Puskesmas Dempo, Puskesmas Plaju, dan Puskesmas Alang-Alang Lebar.

Begitu pula puskesmas pembantu, yang kini telah menyiapkan dokter. Sebelumnya, tak ada dokter di puskesmas pembantu.

“Sekarang ada 70 lebih dokter, yang berjadwal bertugas di Pustu. Mereka bergiliran,” kata Harnojoyo.

Dalam kesempatan itu juga, tak lupa Harno mengajak seluruh Kader Posyandu untuk peduli lingkungan. Seperti yang telah dicontohkan Pemerintah Kota Palembang melalui gotong royong kebersihan setiap akhir pekan.

“Hal ini sangat penting, mari besama-sama kader posyandu untuk  cinta lingkungan. Kita sering sampaikan jangan egois, bahwa ada orang ke depan yang akan melanjutkan kehidupan, yakni anak dan cucu. Jangan sampai karena perilaku kita lingkungan rusak,” kata Harnojoyo. (Ratih/Hidayatullah)