Arsip Penting Bagi Hidup Berbangsa dan Bernegara

:


Oleh H. Roy Setiawan, Senin, 8 Mei 2017 | 20:51 WIB - Redaktur: Tobari - 509


Palu, InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah menggelar sosialisasi kearsipan pada perangkat daerah, ormas, parpol dan masyarakat umum pada Senin  (8/5) siang. Acara dibuka langsung Kadis Perpusda Abdussalam Mathar, di aula dinas perpustakaan.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam sambutan tertulisnya, yang dibaca Mathar, menyambut baik kegiatan itu guna meningkatkan kualitas Kearsipan di masing-masing OPD maupun bagi elemen masyarakat umum.

“Arsip bermakna setiap derap langkah maju bangsa harus terekam, tercatat sejarah sekaligus simbol pemersatu bangsa. Karena itu pengelolaan arsip harus punya sistem yang baik,” ujar Mathar, akan pentingnya manfaat arsip bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kearsipan juga merupakan tulang punggung pemerintah dalam akuntabilitas pertanggungjawaban kepada generasi yang akan datang,” ujar dia menambahkan manfaat arsip bagi generasi selanjutnya. 

Dengan sosialisasi itu, diharap bisa menghasilkan arsiparis yang peduli dan handal sejalan amanat UU No. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan. Sehingga semakin baik dalam melayani masyarakat dan turut kontribusi membangun Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Narasumber sosialisasi yang diikuti sekitar 100 peserta ini, terdiri dari deputi pembinaan kearsipan nasional Dr. Andi Kasman dan kepala perpustakaan dan kearsipan pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. (MC Sulteng/h roy setiawan/toeb)