Bupati Dharmasraya Buka RAT Koskopabo

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Jumat, 28 April 2017 | 17:24 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Dharmasraya, InfoPublik -  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Sawit Koto Besar Padang Bungur dan Bonjol (Koskopabo), di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Koto Besar, Dharmasraya Jum’at (28/4).

Dalam sambutannya, Sutan Riska berharap agar keberadaan koperasi hendaknya mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, dalam pengelolaan koperasi perlu dikedepankan nilai-nilai kejujuran, keterbukaan dan kepedulian terhadap orang lain.

Sutan Riska juga menyampaikan bahwa pelaksanaan koperasi berdasarkan prinsip ekonomi sekaligus gerakan ekonomi rakyat berazaskan kekeluargaan.

Salah satu kegiatan Koskopabo adalah sektor simpan pinjam, dengan demikian kalau ada anggota yang ingin membuka usaha dapat menggunakan uang koperasi sebagai modal. Sebaliknya apabila koperasi kekurangan modal, tentu anggotanya harus siap pula untuk menanamkan saham pada Koskopabo.

Sebelum acara pembukaan, Ketua Koskopabo Habibunas, SE menjelaskan bahwa koperasi yang dipimpinnya itu beranggotakan lebih dari 800 orang, berasal dari petani sawit yang berada pada 3 kenagarian, yaitu Nagari Koto Besar, Padang Bungur dan Bonjol. Kegiatannya meliputi pengelolaan hasil  sawit dan Usaha Simpan Pinjam (USP).

Ditambahkannya, Koskopabo mengalami peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) selama 2 tahun terakhir rata-rata Rp20.000.000, per tahun. “Mungkin kondisi ini pula yang membuat Koskopabo terpilih sebagai Juara II Lomba Koperasi Primer Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016 yang lalu,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya Drs.Zubrizal, M.Pd, melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Hasan Basri, SE, M.Si, menyatakan bahwa semua koperasi di Kabupaten Dharmasraya mendapatkan pembinaan secara berkala dari Dinas Kumperdag.

Selain itu, untuk meningkatkan tata kelola koperasi, Dinas Kumperdag melaksanakan penilaian koperasi terbaik setiap tahunnya, imbuhnya. (MC Dharmasraya/toeb)