Mendagri Harap Gubernur Jakarta Terpilih Bisa Bersinergi

:


Oleh Eko Budiono, Kamis, 20 April 2017 | 10:48 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 769


Jakarta,InfoPublik-Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  Tjahjo Kumolo meminta Gubernur DKI Jakarta Terpilih 2017, dapat bersinergi dengan pemerintah daerah di kota-kota penyangga  ibukota.

"Saya kira siapa pun yang terpilih harus mampu membangun konektivitas dan sinergi dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bogor, Bekasi menyangkut sampah, banjir, transportasi. Anggaran yang besar di DKI harus dibagi ke semua daerah," kata Mendagri dalam keterangan tertulisnya,  Rabu (19/4).

Menurut Mendagri, DKI Jakarta nanti harus mampu menyelaraskan program strategis tingkat nasional dengan program di DKI Jakarta.

"Gubernur DKI harus mampu membangun sinergi antara pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI sebagai ibukota negara," ujarnya.

Ia mengimbau, kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 legowo dengan hasil pilkada.

'Situasi ibukota harus dijaga tetap kondusif agar aktivitas sosial, budaya, perdagangan, dan pemerintahan dapat berjalan lancar," katanya.

Ia menambahkan, Gubernur DKI Jakarta terpilih diharapkan mampu untuk mengedepankan dan menjaga jati diri, serta identitas diri DKI Jakarta sebagai masyarakat Betawi.

"Jakarta kota budaya, kota pemerintahan, kota perdagangan, ibukota negara. Saya kira boleh modern, tapi jangan sampai meninggalkan jati diri sebagai masyarakat Betawi. Budaya harus dikedepankan," tegasnya.