Enam Desa Di Kabupaten Blora Masuk Nominasi Terbaik

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Selasa, 4 April 2017 | 11:36 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Blora, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Blora, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), menyelenggarakan lomba desa yang dinilai oleh tim pemkab, dan dari hasil penilaian tersebbut dinyatakan enam desa di Kabupaten Blora masuk nominasi desa terbaik.

Keenam desa itu adalah Tanjung (Kecamatan Kedungtuban), Kapuan (Kecamatan Cepu), Padaan (Kecamatan Japah), Kemiri (Kecamatan Jepon), Ketringan (Kecamatan Jiken) dan Brabowan (Kecamatan Sambong).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora Gunadi, di Blora Selasa (4/4), mengemukakan kegiatan lomba desa terbaik diselenggarakan oleh instansinya.

Adapun tim penilai terdiri atas lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab. Di antaranya Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dindagkop dan UKM, Dinporabudpar, Dinas Pendidikan, PKK dan Bagian Pemdes Setda Blora.

Kriteria penilaian dalam lomba ini, meliputi administrasi pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat desa, PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan dan kegiatan ekonomi potensi desa.

”Melalui lomba ini pemerintah dan masyarakat desa diharapkan lebih termotivasi membangun desa masing-masing,” ujarnya.

Kepala Bidang Kelembagaan, Masyarakat, Adat dan Sosial Budaya Dinas PMD, Catur Pambudi Amperawan, yang juga ketua tim penilai menambahkan, semua aspek kehidupan masyarakat dan pembangunan desa masuk dalam penilaian.

Dengan cara itu, penilainnya dapat lebih menyeluruh dan komprehensif. ”Tim penilai datang langsung ke desa-desa yang masuk nominasi terbaik,’’ ujarnya dan menambahkan bahwa keenam desa yang masuk nominasi desa terbaik tersebut, memiliki keunggulan masing-masing.

Desa Tanjung, Kecamatan Kedungtuban misalnya, memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka transparansi pembangunan dan keuangan desa sehingga dapat diakses masyarakat.

Adapun Desa Kemiri, Kecamatan Jepon, selain menerapkan transparansi, juga memperkuat kerja sama antarlembaga desa.

Selain itu, Desa Kemiri membina sejumlah usaha masyarakat seperti pertanian, industri rumah tangga dan usaha kecil lain. Pelayanan kepada masyarakat dan menjaga sinergitas antarlembaga desa, juga membuat Desa Padaan, Kecamatan Japah masuk dalam nominasi desa terbaik.

Selain itu, pemerintah Desa Padaan memprioritaskan pada pelatihan-pelatihan industri rumah tangga, pendidikan, keagamaan serta kebersihan lingkungan.

Adapun Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, membuka pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam. Pemerintahan Desa Brabowan, Kecamatan Sambong, mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa atas dasar tekad dan kemandirian. (MC Kab.Blora/Teguh/toeb)