Gubernur Minta Masyarakat Cintai Produk UKM Jawa Timur

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 22 Maret 2017 | 15:23 WIB - Redaktur: Tobari - 299


Surabaya, InfoPublik - Banyaknya produk atau kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur (Jatim) yang diekspor ke beberapa negara Asia dan Eropa, membuat Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) meminta masyarakat bisa mencintai produk Jatim dibanding produk asing.

Saat Dialog Kebudayaan 2017 bertema Merajut Kebhinekaan Memperkokoh Semangat Kebangsaan, yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim di Surabaya, Rabu (22/3), Pakde Karwo menuturkan, Jatim bukan hanya kaya akan hasil alamnya saja, seni budaya dan kerajinan juga terus berkembang mengikuti zaman.

Salah satunya adalah  kerajinan yang mampu mendominasi pasar dalam negeri bahkan diekspor hingga mancanegara. Kerajinan perrhiasan yang beredar di Indonesia kata Pakde sebagian besar berasal dari Jatim, bahkan produk perhiasan ini diekspor ke negara-negara di Timur Tengah seperti Dubai dan Arab Saudi.

"Saya harapkan masyarakat yang melaksanakan ibadah haji atau umroh lebih baik jangan beli oleh-oleh perhiasan di sana, karena kebanyakan adalah produk Jatim, beli saja di Surabaya," tutur Pakde

Lebih lanjut dikatakan Pakde Karwo, sebesar 20,7% produk kerajinan, makanan, dan  minuman yang beredar di Indonesia berasal dari Jatim, sehingga secara ekonomi Jatim sangat mendominasi pasar nasional.

"Dengan mencintai produk negeri sendiri, otomatis membantu perekonomian masyarakat Indonesia dan membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran," katanya.

Era globalisasi yang sebelumnya menjadi momok bagi banyak kalangan yang khawatir akan menggerus pengusaha lokal, ternyata tidak terbukti, karna produk UKM Jatim  mampu bersaing dengan produk luar negeri, salah satunya adalah kerajinan bordir dari Bangil Pasuruan.

"Kerajinan bordir Bangil terbukti mampu menembus pasar Eropa karna dinilai sangat unik oleh para pecinta kerajinan bordir di sana, yang bosan dengan produk dari industri besar," ungkap Pakde. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)