Cabe Rawit Jadi Komoditi Idola Di Lelang Puspa Agro

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 28 Februari 2017 | 14:21 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 303


Surabaya, InfoPublik - Cabe rawit menjadi idola di Pasar Lelang Agrobis ke 135 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Selasa 28/2) di Puspa Agro Sidoarjo.

Sebanyak 500 ton cabe rawit dari Tuban dengan harga Rp 90 ribu per kilogramnya ikut meramaikan Pasar Lelang Agrobis. Menurut Ketua Asosiasi Pedagang antar pulau Jawa Timur, Tatik Jamiati, kegiatan pasar lelang kali ini cukup bagus untuk menjembatani antara petani selaku produsen dan pembeli selaku konsumen, untuk melakukan transaksi dengan harga sesuai pasar.

Jawa Timur, Kata Tatik, merupakan pusat berbagai komoditi agribis yang siap dipasarkan ke berbagai pulau di seluruh Indonesia. "Jatim ini sentra komoditi macam-macam agribis," katanya.

Pasar lelang ini merupakan kali pertama digelar awal tahun 2017 dan cukup menyedot pembeli dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah bahkan DKI Jakarta.

Sedangkan stok komoditi yang tersedia, meliputi : Jagung dengan harga Rp 3.800 per kilogram, pakan ternak seperti bekatul dari Nganjuk dengan harga Rp 2000 per kilogram dengan stok 20.000 ton, kemudian rempah-rempah seperti kencur dijual dengan harga Rp 2000 per kilogram. Selain itu juga tersedia bibit sengon siap tanam dijual seharga Rp 1.600 per batang. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/eyv)