Media Center Berperan Strategis Informasikan Kebijakan Pusat di Daerah

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 28 Februari 2017 | 09:42 WIB - Redaktur: Juli - 779


Tangerang, InfoPublik - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengatakan Media Center (MC) miliki peran strategis,  selain mempunyai tugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat di wilayah kerjanya, juga menyampaikan informasi tentang kebijakan Pemerintah  Pusat.

"Jadi kebijakan pusat yang ada di daerah, misalnya pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia bagian Timur, Barat atau Tengah, ini sejauh mana perkembangan dari pembangunan infrastruktur tersebut. Itu mungkin bisa dilaporkan perkembangannya, kemudian kandala-kendalanya seperti apa, dan bagaimana tanggapan masyarakat atas pembangunan infrastruktur tersebut,” kata Niken pada acara pembukaan Bimbingan Teknis Tata Kelola Media Center dan Jurnalistik Online di Kota Tangerang, Senin (27/2).

Menurutnya, selain tugas tersebut, media center juga mendiseminasikan informasi dari pusat kepada masyarakat. "Jadi selain menginformasikan kegiatan daerah, Media Center juga mendiseminasikan informasi-informasi kinerja pusat kepada daerah,” paparnya.

Ia mencontohkan, seperti kegiatan Presiden maupun kebijakan-kebijakan yang perlu diketahui oleh masyarakat di semua daerah, termasuk juga bila terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor atau apapun tugas Media Center bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Dengan demikian,  nantinya Pemerintah Pusat bisa memberikan bantuan kepada daerah. “Jadi fungsi Media Center ini sangat strategis untuk jaringan pemberitaan pemerintah ataupun juga agar informasi dari pemerintah bisa diketahui oleh seluruh masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, terkait penyebaran informasi di Kota Tangerang, dirinya menilai di Kota Tangerang ini sangat bagus, karena Dinas Kominfonya juga pro aktif.

“Sekarang ini, Direktur Pengelolaan Media Publik, IKP Sunaryo bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang. Sedangkan Tangerang ini dekat sekali dengan Jakarta, kita harapkan Tangerang bisa menjadi penyangga penyebaran informasi, baik dari pusat ke daerah maupun informasi-informasi dari Tangerang bisa disampaikan ke pusat melalui InfoPublik.id," pungkasnya.