Bupati Rohil Apresiasi Pengembangan Budidaya Ikan Patin

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 16 Februari 2017 | 09:03 WIB - Redaktur: Tobari - 668


Bagansiapiapi, InfoPublik - Koperasi Bina Usaha Bersama Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, mengembangkan budidaya ikan air tawar jenis patin, dan ke depan pemerintah daerah telah memprogramkan bantuan jalan masuk.

“Kalau ada setiap kecamatan seperti ini bagus sekali. Karena saya melihat kolamnya bagus, cantik, rapi dan itu dilakukan oleh satu orang saja. Tolong dinas terkait terus berikan pembinaan kepada kelompok tani ini,” kata Bupati Rohil H Suytno, saat menghadiri sekaligus melakukan panen ikan patin dan penyerahan Kartu Asuransi Nelayan di Jalan Karya, Bagansiapiapi, Rabu (15/2).

Bupati Suyatno meminta agar kecamatan lainnya juga ikut mengembangkan budidaya ikan, seperti yang telah ditekuni oleh Koperasi Bina Usaha Bersama di Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko. Karena menurutnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saya merasa sangat bangga terhadap petani budidaya ini, karena sudah turut serta membangun perekonomian daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ini patut menjadi contoh untuk yang lainnya,” pintanya.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua DPRD H Nasrudin Hasan dan Anggota Habib Nur, Dandim 0321 Letkol Arh Bambang Sukisworo, Sekretaris Daerah H Surya Arfan dan istri Hj Lena Puspasari Surya, Sekretaris Dinas Perikanan M Amin, Camat Bangko H Julianda.

Pada kesempatan itu, bupati mengharapkan kepada Koperasi Bina Usaha Bersama untuk terus mengembangkan dan meningkatkan budidaya ikan tersebut.“Saya minta jangan tujuh kolam saja, tambah lagi. Tanggung jawab kami nanti jalan masuk kesini akan kami programkan,” ucapnya.

Ketua Koperasi Bina Usaha Bersama, Ibrahim mengatakan budidaya ikan patin yang ia kelola itu dimulai sejak tahun 2012 lalu. Dari 4.000 bibit ikan yang telah disebarkan ke kolam berukuran 18 x 40 meter itu telah menghasilkan belasan ton ikan patin.

“Kini sudah tujuh kolam yang beroperasi dan sudah menghasilkan 12 ton ikan patin,” katanya, dan mengaku bahwa semua itu berkat bantuan dari dinas perikanan setempat yang telah memberikan bantuan sebesar Rp55 juta untuk operasional koperasi.(MC Riau/way/toeb)