PKK Sosialisasi Bank Sampah di Kelurahan Belian

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 13 Februari 2017 | 10:08 WIB - Redaktur: Tobari - 640


Batam, InfoPublik - Ibu PKK Kota Batam, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Batam, mensosialisasikan keberadaan bank sampah sekaligus melakukan pelatihan penanaman tanaman secara hydroponic di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. 

Ketua TP PKK Kota Batam Ny Marlin Agustina Rudi, yang turun langsung bersama rombongannya di RW 003 Perumahan Taman Batara Raya, Batam Centre, mengatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan tersebut sebagai wujud komitmen ibu PKK di Batam menjaga lingkungan dari sampah.

"Saya dan rombongan sudah turun ke beberapa RW di Kota Batam, karena kita tahu bahwa mengurangi sampah dan mengelolanya, memiliki banyak manfaat," ujar Ny Marlin Agustina Rudi, Sabtu (11/2). 

Ny Marlin juga mengajak masyarakat setempat, khususnya ibu-ibu, agar aktif dalam mengelola bank sampah di lingkungan masing-masing. Selain akan berdampak pada yang lingkungan bersih, juga sekaligus dapat menambah penghasilan keluarga.

"Ibu-ibu kalau bank sampahnya aktif setiap akhir tahun kita akan beri penghargaan, selain itu kita juga akan berikan bantuan yang kita peroleh dari CSR Perusahaan yang ada di kota Batam," tambah Ny Marlin.

Selain itu Ny Marlin juga meminta agar masyarakat menanam tanaman di lingkungan masing-masing, seperti cabe, sayur yang tidak membutuhkan lahan yang luas dengan memanfaatkan barang-barang bekas dengan metode hydroponic.

"Ibu-ibu, saya sudah ajak ahlinya Bapak Dodi. Ibu-ibu bisa meminta diajarkan cara menanam dengan metode hydroponic ini," kata Ny Marlin dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Lurah Belian, Khamarul Azmi, berterima kasih atas kunjungan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat mengedukasi masyarakat khususnya para ibu agar lebih dapat meningkatkan penghasilan keluarga.

"Ibu Marlin terimakasih atas kerelaannya untuk turun kelangsung dan mengajarkan langsung masyarakat kelurahan Belian, khususnya RW 03," ujar Khamarul.

Ketua RW 003 Erwin menyambut baik kegiatan ini, karena hal ini merupakan bentuk dari kepedulian Pemerintah Kota Batam melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam.

Ia juga berharap semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan terus-menerus selain untuk meningkatkan kemampuan para ibu juga dapat menjalin silahturahmi.

Kegiatan ini juga diisi dengan penjelasan 10 Dasa Wisma dan 10 Program PKK yang dapat meningkatkan kemampuan para  kader PKK yang berada di tingkat kelurahan.

Ny Rida Melyana dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam mensosialisasikan bagaimana mendirikan Bank Sampah. Selain itu beliau juga menjelaskan bagaimana mengelola limbah non organik menjadi produk-produk kreatif yang dapat dipasarkan. (HK/toeb)