Dikpora Blora Selenggarakan Pelatihan Membatik Bagi Pemuda

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Kamis, 6 Oktober 2016 | 11:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 374


Blora, InfoPublik - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora) Kabupaten  Blora menyelenggarakan pelatihan membatik bagi pemuda selama dua hari. Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dindikpora Ahmad Wardoyo.    

Kepala Dindikpora Ahmad Wardoyo melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga Sukartono, di Blora, Kamis (6/10), mengungkapkan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan ketrampilan pada usia produktif.

Menciptakan jiwa kewirausahaan bagi pemuda agar menjadi wirausahawan yang berhasil dan tangguh menghadapi persaingan. Meningkatkan perekonomian masayarakat, serta mengurangi angka pengangguran.

“Untuk tahun ini, peserta pelatihan dari pemuda dan karang taruna. Ada 65 peserta, ’’ kata Sukartono.

Pelatihan yang sama, kata dia, sudah dilaksanakan setiap tahun sejak beberapa tahun terakhir semenjak batik Blora dipatenkan menjadi produk unggulan.  

“Selama pelatihan, para peserta kami fasilitasi seperti kompor minyak kecil, kain, canting. Nara sumbernya kami datangkan dari salah satu pembatik Blora,” jelasnya.

Output dari pelatihan, lanjut dia, para peserta mampu berdaya diri untuk melestarikan dan  mengembangkan batik di Blora hingga ke tingkat nasional dan internasional. (MC Kab. Blora/Guh/Kus)

.