HUT ke-71 Kemerdekaan RI, Masyarakat Indramayu Dapat Kado Manis

:


Oleh Media Center Kabupaten Indramayu, Kamis, 18 Agustus 2016 | 12:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 512


Indramayu, InfoPublik  – Bupati Indramayu Hj. Anna Shopanah menjadi inspektur Upacara Bendera, dalam memperingati  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 Tingkat Kabupaten Indramayu, di Alun-Alun Pendopo Kabupaten Indramayu, Rabu (17/8).

Upacara Bendera dihadiri pula anggota DPRD, Sekertaris Daerah, para veteran, pasukan TNI,  POLRI, SATPOL PP, KORPRI, PGRI, organisasi kemasyarakatan, pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu. Di luar alun-alun antusiasme masyarakat terlihat menyaksikan dengan tertib.

Sementara itu, Buapti Indramayu Hj. Anna Shopanah dalam amanatnya mengatakan, Hari Proklamasi yang dicanangkan pemerintah pada peringatan tahun ini yakni Indonesia Kerja Nyata merupakan tema yang sangat singkat dan sederhana. Akan tetapi mengandung makna yang sangat dalam.

‘Hendaknya kita memaknai arti perjuangan para pendahulu bangsa ini. Mereka telah berjuang rela mengorbankan apa saja demi sebuah kemerdekaan. Mereka tidak pernah berpikir akan mendapatkan jasa, dan  mereka juga tidak pernah berpikir untuk dikenang sebagai pahlawan. Yang ada dalam pikiran mereka hanyalah membebaskan negeri ini dari para penjajah,” kata bupati.

“Ada pun pesan yang harus kita semua mengerti dan pahami,  apa yang dapat kita lakukan untuk menggenapkan cita-cita mereka setelah kemerdekaan itu diraih.  Kita semua tentu tidak ingin apa yang telah para pejuang korbankan menjadi sia-sia, oleh karenanya,  mari kita lanjutkan perjuangan mereka dengan membangun negeri, sesuai harapan dan cita-cita mereka, seperti tema peringatan kerja nyata," tegas bupati.

Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Ke-71 merupakan kado manis  bagi, Bupati Indramayu dan masyarakat Indramayu. Pasalnya bersamaan diraihnya Penghargaan  Nugra Jasadarma Pustaloka dengan Kategori Birorkrat  yang peduli terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI. Sebelumnya Penghargaan diserahkan pada, Selasa 16 Agustus 2016 di Balai Kartini Jakarta Pusat.

Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya. Diantaranya kategori koleksi deposit terbaik, bercerita tingkat SD/MI nasional, pustakawan berprestasi tingkat nasional, perpustakaan umum kabupaten/kota terbaik nasional. Kategori tokoh media, kategori masyarakat, tokoh masyarakat dan lifetime achievement.

 "Penghargaan ini untuk masyarakat iIndramayu dan saat ini sudah ada perpustaakn umum di kantor desa. Memang belum bisa menjangkau semuanya, namun secara perlahan kebutuhan perpustakaan di berbagai daerah dan sarana umum terus diciptakan agar minat baca terus tumbuh di masyarakat Indramayu," tegas Anna Sophanah.(Mc Indramayu/Kus)