Penjual Bendera Merah Putih Musiman

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Kamis, 11 Agustus 2016 | 11:49 WIB - Redaktur: Kusnadi - 434


Tabalong, InfoPublik - Bulan Agustus kembali datang, ini saatnya rakyat Indonesia segera merayakan hari kemerdekaannya. Saat ini memang hanya tinggal hitungan hari saja menjelang tanggal 17, dimana 70 tahun yang lalu negeri ini menyatakan kemerdekaannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan kemerdekaan Indonesia biasanya disemarakkan berbagai kegiatan di masing-masing daerah. Dari mulai menghias lingkungan hingga berbagai perlombaan biasanya diselenggarakan untuk menyemarakkan perayaan tahunan ini.

Namun ada satu tradisi yang beberapa tahun terakhir ini sepertinya menjadi satu tradisi baru, adalah hadirnya para penjual bendera merah putih musiman di sudut-sudut kota yang turut serta dalam memeriahkan pesta tahunan rakyat Indonesia ini.

Mereka biasanya mulai berjualan menjajakan berbagai perlengkapan perayaan agustusan dari mulai menyediakan pernak-pernik hiasan bernuansa merah putih, menyediakan bendera berbagai ukuran, bendera besar hingga umbul-umbul yang nantinya bisa dipasang di halaman ataupun di kanopi rumah serta instansi.

Seorang pedagang saat diwawancarai mengatakan, harga bendera bervariasi mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp300.000 tergantung dengan ukuran dan motif yang dijual.

Penjualan dilakukan  dari pukul delapan pagi sampai dengan pukul lima sore setiap hari sampai menjelang hari kemerdekaan yang jatuh pada hari rabu nanti.

Lanjutnya, puncak pembelian terjadi dari tanggal 11 agustus  sampai dengan 16 agustus. Namun  kebanyakan pembeli berasal dari perkantoran dan instansi.

"Kalau orang biasa membeli cuma satu atau dua bendera saja," puangkasnya

Penjual berasal dari Jawa Barat ini menambahkan,  kelompoknya berjumlah sebanyak tiga puluh dua orang. Namun yang di Bumi Saraba Kawa hanya delapan orang. "Yang sisanya di daerah lain," ucapnya.  (MC Tabalong/Irwin/Kus)