Dharmasraya Raih Nirwasita Tantra Award 2016

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Senin, 1 Agustus 2016 | 12:53 WIB - Redaktur: Kusnadi - 672


Dharmasraya, InfoPublik – Kabupaten Dharmasraya berhasil memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Dharmasraya karena dianggap sebagai sebagai salah satu daerah yang berkomitmen tinggi terhadap perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2016 diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, dan diterima langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di Lapangan Tugu Siak, Kabupaten Siak Provinsi Riau, belum lama ini

 Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penilaian SLHD Kabupaten/Kota oleh Kementerian Lingkungan Hidup dilakukan terhadap tiga kabupaten/kota nominator yang diusulkan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi.

Untuk tahun 2016 terdapat 57 kabupaten/kota nominator yang diusulkan oleh 29 Badan Lingkungan Hidup Provinsi untuk berkompetisi memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah berkat ekpos yang dilakukan oleh bupati, kita berhasil kembali meraih Nirwasita Tantra. Kita berhasil menjadi terbaik kedua setelah Kabupaten Buleleng,” ujar Rahmadian, Kepala BLH Kabupaten Dharmasraya.

Lebih lanjut Rahmadian mengatakan, penghargaan nirwasita Tantra dinilai berdasarkan dokumen status lingkungan hidup daerah yaitu dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.

"Penghargaan ini adalah motivasi bagi kita untuk mengelola lingkungan hidup agar semakin baik, tidak sekedar laporan dokumen serta teori yang dipresentasikan saja, namun juga kebijakan yang menopang program-program yang berisi lingkungan hidup ke depan sehingga lingkungan Kabupaten Dharmasraya semakin baik, yang tentu akan berdampak baik pula bagi masyarakat,” ujar Bupati Sutan Riska seusai menerima penghargaan.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, penghargaan ini patut diterima oleh Kepala Daerah yang selalu peduli dengan lingkungan.

Wapres JK sangat mengapresiasi Kepala daerah yang telah mengeluarkan kebijakan peduli lingkungan, terutama tentang pengelolaan sampah.

“Kepala Daerah pemenang Penghargaan Nirwasita Tantra ini tentunya sangat peduli dengan lingkungan di Daerahnya, jadi dia patut mendapatkan penghargaan ini,” kata Wapres. (da/Hendri-MCKab.Dharmasraya/Kus)