Bupati Pimpin Rapat Persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016

:


Oleh Sesmon TB. Butarbutar, Jumat, 29 Juli 2016 | 08:45 WIB - Redaktur: Kusnadi - 532


Balige, InfoPublik – Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus, MM, Sekretaris Daerah Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si memimpin langsung Rapat Persiapan Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Tahun 2016 bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir (Tobasa), Kamis (28/7).

Dalam rapat tersebut Bupati Darwin mengatakan agar seluruh Kepala SKPD, camat dan aparatur  Pemkab Tobasa melakukan kerja nyata dan melakukan gerakan bersih-bersih pada lingkungan kerja dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Mari kita melakukan kerja nyata, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Toba Samosir. Sehingga kegiatan Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Wisata Danau Toba Tahun 2016 yang akan dilaksanakan di Kota Balige tanggal 20 s.d. 21 Agustus 2016 mendatang akan langsung di hadiri oleh Presiden Jokowi bersama 34 Gubernur se-Indonesia,” tegas Bupati Darwin.

Tamu yang hadir, lanjutnya, diperkirakan 20 ribu orang lebih menyaksikan kegiatan tersebut, sesuai dengan tempat yang telah disediakan. Tempat Karnaval ini sengaja menggunakan badan jalan utama jalan lintas propinsi Kota Balige, yakni dimulai dari  Jembatan Soposurung Balige hingga jalan sebelum SPBU Jembatan Juara Monang Siahaan Balige.

Ditambahkannya, kepada Kepala SKPD terkait yakni Dinas Perhubungan agar melakukan rekayasa lalu lintas, karena diperkirakan lima jam arus lalulintas di daerah ini akan ditutup, sehingga diperlukan jalan alternative bagi pengguna jalan dari dan ke Kota Medan. Dinas PU dan Dinas Tarukim agar melakukan survey dan berkoordinasi dengan Kepala Balai Jalan di Propinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya Tim Kreatif Kepresidenan Mr. Lumbanraja menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Karnaval ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan mempertunjukkan ciri khas daerah Toba. Seperti Ulos, Gondang, dan mempertunjukkan adat istiadat masyarakat Toba.

Sementara Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus menegaskan kembali kepada seluruh peserta rapat agar memberikan kesan yang baik kepada para pengunjung yang datang dari luas Sumatera Utara.

Segera kita melakukan penataan lingkungan jalan utama sepanjang 3 km mulai dari Soposurung hingga Jalan Juara Monang. Mari kita bersihkan spanduk atau baliho yang masih bergantungan, apalagi spanduk yang sudah habis masa berlakunya, sehingga kota Balige lebih indah.

“Juga kepada para pedagang kaki lima, toko-toko yang ada di sepanjang jalan Sisingamangaraja Balige agar kita himbau untuk melakukan gerakan bersih dan dianjurkan untuk pindah tempat”, tambah Wabup Hulman.

Pada akhir rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Tobasa Drs. Audi Murphy O. Sitorus menghimbau kepada para Kepala SKPD dan Camat agar segera melakukan persiapan yang baik guna mensukseskan kegiatan tersebut. Hari Sabtu pagi tanggal 30 Juli 2016 kita melakukan gotong royong massal di sepanjang jalan Soposurung hingga jalan menuju Jembatan Juara Monang Balige.

Turut hadir dalam rapat para staf ahli Bupati, para asisten, Kepala SKPD, Camat  se-Kab. Tobasa, para kepala bidang dan tamu undangan lainnya. (bidangkominfo/stb/Kus)