Bulog Divre Kalsel Akan Terus Gelar Operasi Pasar Hingga Lebaran

:


Oleh Untung S, Jumat, 24 Juni 2016 | 16:38 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 475


Banjarmasin, InfoPublik - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Kalimantan Selatan, akan secara rutin terus mengadakan operasi pasar sebagai usaha menekan harga kebutuhan pokok yang terus naik selama bulan Ramadahan dan menjelang lebaran 2016, sesuai perintah Kantor Pusat Bulog di Jakarta.

Kepala Bulog Divre Kalsel Alwi Umri, Kamis (23/6), mengungkapkan pihaknya fokus pada tiga komoditas bahan pokok utama untuk didistribusikan, yakni Bawang Merah, Beras dan Daging Sapi, meskipun bahan pokok lain juga turut didistribusikan saat operasi pasar mislanya minyak goreng dan gula pasir.

“Tinggi harga-harga tiga komoditas ini yang kemudian membuat kami fokus pada operasi pasar kali ini, Bawang Merah di pasaran harganya sudah berkisar Rp34.000 per kilogram hingga Rp37.000 per kg, Daging Sapi sudah Rp125.000 per kg-Rp130.000 per kg, sementara harga beras kualitas medium di pasaran sekarang sudah Rp7.900 an per kg dan cenderung terus naik,” kata Alwi Umri.

Menurut Alwi Umri, selain mengandalkan stok dari pulau jawa dan Kantor Pusat Bulog di Jakarta, pihaknya juga bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk swasta, diantaranya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Banjarmasin yang juga fokus pada pendistribusian gula pasir kristal, yang di pasaran harganya juga sudah tinggi.

Alwi mengakui, meski operasi pasar yang dilakukan pihaknya bekerjasama dengan PPI, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) hingga instansi pemerintah dan swasta kerap dilakukan disejumlah titik, namun masih belum bisa mempengaruhi penurunan harga-harga bahan pokok tersebut dipasaran, karena memang kebutuhan masyarakat sedang tinggi-tingginya.

“Apa yang kami jual mulai daging beku impor, bawang merah, beras hingga gula pasir kristal semua rata-rata ludes ternyata tidak berpengaruh banyak pada harga di pasar-pasar, karena memang kebutuhan masyarakat yang tinggi apalagi sudah mendekati lebaran nanti,” tutur Alwi.

Namun negitu sesuai amanah dan perintah dari Kantor Pusat dan pemerintah, Alwi menegaskan pihaknya akan tetap menggelar operasi pasar secara rutin disejumlah titik, bukan hanya bertujuan menstabilkan harga, tapi juga membantu masyarakat agar bisa tercukupi semua kebutuhanya terutama yang terkait dengan perayaan lebaran 2016 ini.