Hadapi Lebaran, Dishubkominfo Meranti Siapkan 17 Posko Dan 132 Orang Petugas

:


Oleh dishubkominfo kab meranti, Kamis, 23 Juni 2016 | 13:35 WIB - Redaktur: Kusnadi - 689


Selatpanjang, InfoPublik – Mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1437 H, sebanyak 132 orang petugas akan disiagakan di 17 titik Posko Angkutan Lebaran Terpadu yang tersebar di Kepulauan Meranti. Kapal pompong yang membawa calon penumpang tidak boleh lagi menurunkan penumpang langsung ke ponton Pelabuhan Tanjung Harapan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kelancaran, ketertiban, keamanan dan keselamatan Lalu Lintas  pada Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 (1437 H).

Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Angkutan Lebaran Terpadu yang dilaksanakan di Kantor Dishubkominfo Kepulauan Meranti Rabu (22/66), Dishubkominfo merangkul sejumlah instansi serta pengusaha angkutan untuk bekerja sama dalam kegiatan persiapan arus mudik lebaran tahun 2016 (1437 H). 

Berdasarkan data Laporan Arus Mudik dari tahun-tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan di Posko Pelabuhan Tanjung Harapan yaitu sebesar 3.765 orang dari tahun 2104 ke tahun 2015. Sehingga pada persiapan arus mudik lebaran tahun 2016 ini dilakukan perencanaan khusus untuk Posko Pelabuhan Tanjung Harapan.

Antara lain, penataan lokasi parkir bagi angkutan umum seperti becak dan ojek, pedagang asongan yang tidak boleh lagi naik ke kapal, sterilisasi jalur arus penumpang masuk dan keluar, pemanfaatan kembali loket penjualan tiket, serta pengaturan jalur kendaraan masuk dan keluar baik pengantar maupun penjemput.

Kemudian hal penting yang didiskusikan adalah larangan bagi kapal-kapal penyeberangan kecil seperti pompong untuk menurunkan penumpang di ponton Pelabuhan Tanjung Harapan. Hal ini dilakukan demi keamanan, ketertiban dan keselamatan calon penumpang.

Bagi calon penumpang yang berasal dari pulau rangsang dan sekitarnya yang ingin meneruskan perjalanan menggunakan ferry atau speedboat yang akan bertolak dari ponton Pelabuhan Tanjung Harapan, terlebih dahulu akan diarahkan untuk turun melalui pelabuhan nelayan/pelabuhan sandar kapal Batam Jet dan Elucgo Ekspress atau pelabuhan Perikanan yang berada di sebelah Pelabuhan Tanjung Harapan.

Karena jika langsung turun ke ponton Pelabuhan Tanjung Harapan akan dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terhempas gelombang dari kapal besar hingga terjepit ke sisi ponton.

Untuk itu diharapkan kerjasama dari semua pihak terkait demi kelancaran arus mudik lebaran tahun 2016 ini demi keamanan, kelancaran, ketertiban dan keselamatan semua pihak.

Selain Posko Pelabuhan Tanjung Harapan, Dishubkominfo menyiapkan 17 Posko Terpadu di berbagai titik penyeberangan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dan akan disiagakan 132 petugas untuk menjaga serta memantau keadaan arus lalu lintas angkutan lebaran. Berikut 17 Posko Terpadu tersebut. (MC Meranti /dp/ip/Kus)