BPJS Kesehatan Teken Tujuh MoU PTS

:


Oleh Juliyah, Senin, 20 Juni 2016 | 23:41 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 714


Jakarta, InfoPublik - BPJS Kesehatan jalin kerja sama perluasan kepesertaan dengan tujuh perguruan tinggi swasta di Jakarta yang tergabung dalam Korps Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III.

Kerja sama ini diharapkan mempercepat perluasan kepesertaan, sehingga pada 1 Januari 2019 mendatang seluruh penduduk Indonesia telah tercakup dalam program JKN-KIS.

Adapun tujuh perguruan tinggi yang menandatangani MoU ini diantaranya Universitas Satya Negara Indonesia, UPN Veteran Jakarta, Univeritas Trilogi, Universitas Dharma Persada, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tunas, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta dan  Sekolah Tinggi Teologi Jakarta.

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS senantiasa berupaya menjalin kerja sama dan memperkuat hubungan kemitraan dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan dan keagamaan, termasuk perguruan tinggi sehingga implementasi program JKN-KIS dapat berjalan lancar.

"Melalui sinergi ini, Kopertis diharapkan dapat mendukung BPJS Kesehatan mencapai universal health coverage tahun 2019 mendatang," katanya disela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta, Senin (20/6).

Kopertis adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya. Dengan kondisi tersebut, diharapkan Kopertis wilayah III, memiliki kekuatan yang besar dalam mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk menjadi akselerator dalam mencapai tujuan pemerintah, baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan kesehatan.

Terdapat beberapa ruang lingkup cakupan Nota Kesepahaman tersebut diantaranya Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan, Pembayaran Iuran Peserta. Nota Kesepahaman ini berlaku untuk setahun terhitung 20 Juni 2016 dan berakhir pada 19 Juni 2017.

Ia juga berharap, nota kesepahaman tersebut juga dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara BPJS Kesehatan dengan perguruan tinggi swasta se-Indonesia untuk bersinergi meningkatkan derajat kesehatan seluruh rakyat Indonesia melalui penyediaan jaminan kesehatan dalam program JKN-KIS.