Bupati Kunjungi Masjid Raya Desa Sungai Buaya

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Jumat, 17 Juni 2016 | 07:34 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 905


Serdang Bedagai, InfoPublik -  Pelaksanaan Safari Ramadan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kini memasuki kunjungan yang kedua. Pada hari kesepuluh Ramadan 1437 Hijriyah, Bupati  Ir. H. Soekirman kembali memimpin Tim I Safari Ramadan dengan mengunjungi Masjid Raya Desa Sungai Buaya Kecamatan Silinda, Rabu, (15/6).

Setalah berbuka puasa dan melaksanakan salat magrib, isya dan tarawih berjamaah, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Desa Sungai Buaya yang telah menyambut kedatangan rombongan tim dan menyediakan jamuan makanan yang sangat lezat untuk berbuka puasa.

Kunjungan Safari Ramadhan yang setiap tahun dilaksanakan adalah dalam rangka menghadirkan pemerintah ditengah masyarakat, sehingga pemerintah dapat melihat langsung kemajuan pembangunan di daerah tersebut. Disamping itu juga agar terjalinnya kebersamaan (ukhuwah islamiyah) antara ulama dan umarah. "Mari kita dukung dan sukseskan pembangunan daerah," ajak Soekirman.

Kegiatan hari kedua Safari Ramadan ditutup dengan tausiyah dari Al Ustadz Hotsah Saragih yang mengatakan bahwa panggilan puasa Ramadan ini hanya untuk orang-orang yang beriman, yang terdapat dalam Al Qur’an QS. Al Baqarah : 183 yang artinya Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa. Ayat ini mengandung makna bahwa manfaat berpuasa adalah untuk meningkatkan keimanan/ketaqwaan.

Ada lima yang membatalkan pahala puasa yakni berdusta/berbohong, adu domba (provokasi), menceritakan aib orang lain (ghibah), memandang dengan nafsu syahwat dan bersumpah palsu.

"Di akhir tausiyah Al Ustadz Hotsah Saragih menjelaskan bahwa Rasulullah Muhammad SAW mengatakan ada empat sendi kekuatan dunia, yakni berdayakan para ulama, keadilan dari pemimpin, kedermawanan orang-orang kaya serta doanya orang fakir miskin," ujar Ustadz Hotsah.Wabup Darma Wijaya Kunjungi Masjid Jami’ Nurul Iman Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah

Sementara itu pada waktu yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya sebagai Ketua Tim II Safari Ramadhan 1437 H Pemkab Sergai mengunjungi Masjid Jami’ Nurul Iman Dusun V Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah. Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Parbudpora Henri Suharto SH, sekretaris Bapedda Ir. H. Kaharuddin, Al Ustadz Mulkan Hasibuan, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurniato SH dan Muspika, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, rombongan tim dan masyarakat sekitar.

Wabup Sergai darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Safari Ramadhan yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya mempunyai tujuan untuk menjembatani tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat pada Bulan Ramadhan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menghadirkan pemerintah ditengah-tengah masyarakat Sergai.

Dalam hal peningkatan pembangunan, program 100 hari kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya telah meluncurkan 6 inovasi pelayanan publik diantaranya Penyerahan Akta Kelahiran langsung saat bayi baru lahir dan bebas biaya (PAK BEBI), Sistem Informasi Desa (SID), Pusat Layanan Informasi Masyarakat yang berbasis teknologi

Dengan kehadiran Tim Safari Ramadhan ke daerah, Wabup berharap hadirnya pemerintah secara langsung dapat membangun semangat baru dalam menyongsong pembangunan daerah dibawah kepemimpinan Soekirman dan Darma Wijaya.

Sementara itu Ustadz Mulkan Hasibuan dalam tausiyahnya menyampaikan seputar tentang membangkitkan semangat ibadah kepada Allah SWT, karena saat ini pun kita sebagai umat manusia masih belum sempurna melaksanakan kewajiban sholat, puasa dan zakat. Untuk itu dengan semangat Bulan Ramadhan ini mari tingkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah SWT serta hubungan silaturahmi kepada sesama manusia (hablum minallah dan hablum minannas).

Sekdakab Sergai Kunjungi Mesjid Jami’ Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul

Pada kesempatan terpisah, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si mengunjungi Mesjid Jami’ yang ada di Dusun I Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan, Kakan Kesbangpolinmas Drs. Purba Siregar, Camat Dolok Masihul Drs. Ramadhan Purba, Al-Ustadz Ridwan Yahya dan H. Khairuddin, S.Pdi, tokoh masyarakat, tokoh agama, BKM serta masyarakat Desa tersebut.

Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si dalam sambutannya merasa berkesan dengan penyambutan yang hangat dari masyarakat setempat. Disamping itu juga Sekdakab mengajak seluruh masyarakat agar mendukung program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemkab Sergai.

Sementara itu Al-Ustadz Ridwan Yahya dan H. Khairuddin, S.Pdi dalam siraman rohaninya mengajak seluruh masyarakat agar membersihkan hati di bulan suci ini. Perbanyak ibadah dengan memakmurkan Mesjid,  membaca Al-Qur’an serta jalin silaturahmi dengan sesama umat.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv)