150 Personil Prajurit TNI AD Buka Akses Jalan Pinogu

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 2 Juni 2016 | 06:09 WIB - Redaktur: Tobari - 471


Bone Bolango, InfoPublik - Keterpanggilan 150 personil prajurit TNI AD Kodim 1304 Gorontalo yang dipimpin langsung Dandim Letkol Arm Yuniar Dwi Hantono S.Sos, untuk membuka akses jalan menuju Kecamatan Pinogu, membuat warga Kecamatan Pinogu tersenyum lebar, bahagia dan mereka merasakan merdeka. 

Dengan dibukanya akses jalan tersebut, warga Pinogu menjadi mudah untuk melalui jalan yang dikenal sangat ekstrim itu. Meski hanya dengan panjang 1 Km dan lebar sekitar 2,5 meter, jalan ekstrim itu disulap menjadi jalan rabat beton oleh TNI.

Menurut Dandim 1304 Gorontalo Letkol Arm Yuniar Dwi Hantono, pembuatan jalan rabat beton yang dilakukan jajarannya, selain merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96, juga wujud kepedulian TNI untuk mensejahterakan rakyat, khususnya warga Pinogu. 

Ia menambahkan, jalan yang sangat ekstrim ke Pinogu ini sepanjang 48 Km dan sulit untuk dilalui dengan kendaraan roda empat. ”Sedangkan menggunakan kendaraan roda dua saja, membutuhkan waktu sekitar 8 jam, baru bisa sampai ke puncak Kecamatan Pinogu,” tambah Yuniar Dwi Hantono, Rabu (1/6).

Bahkan, medannya saja tidak mudah untuk dilalui oleh pengendara yang biasa berkendara di jalan aspal. Tapi bagi mereka yang sudah profesional, yakni harus menggunakan ojek yang sering mangkal Di Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur, ruas jalan tersebut dapat dilalui.

“Karena medan esktrim tersebut sering dilewati oleh mereka. Wajar saja kalau ongkos ojeknya mahal yaitu mencapai Rp250.000 per orang, tidak seprti ongkos ojek di wilayah lain,” kata Dandim.

Meski begitu ekstrimnya medan yang harus dilalui, dan besarnya halangan yang dijumpai ketika melalui perjalanan menuju Kecamatan Pinogu, kata Yuniar Dwi Hantono, tidak sedikitpun mengendorkan semangat para personil TNI AD Kodim 1304 Gorontalo untuk membuka jalan ke Pinogu.

Jatuh bangun saat melalui medan itu, tidak membuat rombongan personil TNI AD Kodim 1304 Gorontalo merasakan lelah. Tapi yang ada pada jiwa mereka, hanyalah berjuang dan berjuang.

“Kami berharap, dengan dibukanya akses jalan tersebut akan memberikan manfaat untuk semua warga Kecamatan Pinogu. Dan akan lebih memberikan kemudahan bagi generasi muda bangsa, untuk melanjutkan studi,” katanya. (Hms Andi/Kadir/toeb)