Diskominfo Ajak PPID Pembantu Tingkatkan Pelayanan Informasi

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Rabu, 25 Mei 2016 | 11:54 WIB - Redaktur: Kusnadi - 445


Bogor, InfoPublik - Guna meningkatkan pelayanan informasi yang optimal kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, mengajak para pengelola informasi dan dokumentasi melalui kegiatan asistensi peyusunan informasi publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Selasa (24/5).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidik menuturkan, kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan implemetasi publik serta meningkatkan akses informasi publik. Untuk itu kemampuan dan pemahaman para Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) pembantu harus terus diasah.

Dikatakan, seiring dengan era keterbukaan informasi publik, pemohon infomasi terus bertambah terutama permohonan informasi mengenai Pendidikan dan Desa.

“Kita harus lebih bersinergi menata kelola informasi di Kabupaten Bogor, dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Melalui asistensi ini bisa lebih optimal dalam melakukan penyusunan informasi publik,” tutur Wawan.

Ia juga menambahkan, optimalisasi pelayanan khususnya penyelenggara PPID dari berbagai aspek. Salah satunya terbangunnya layanan pengaduan masyarakat secara online yang bertujuan membantu memenuhi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Serta optimalisasi pengelolaan website yang dengan intens menyediakan dan mengumumkan berbagai informasi yang wajib di publikasikan kepada masyarakat luas.

“Dengan ini diharapkan sinergitas terus terbangun dengan baik antara PPID Pusat, PPID pembantu, pihak Dinas Pendidikan, pada kepala sekolah dan kepala desa bisa optimal memberikan kebutuhan informasi yang transparan, akurat dan akuntabel kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bidang Komunikasi dan Informasi pada Kemenkominfo RI, Subagio mengatakan, di era keterbukaan informasi publik ini berbagai informasi sudah tidak lagi ada yang ditutupi terkecuali informasi yang menyangkut kerahasiaan pribadi yang patut untuk dilindungi.

“Agar menjadi PPID terbaik maupun menjadi pelayan informasi publik terbaik, updating data harus terus dilakukan setiap waktu. Terutama pendokumentasian karena di era keterbukaan publik ini dokumentasi menjadi informasi yang sangat strategis dan potensial,” imbuhnya. (Dewi/Andi/Diskominfo Kabupaten Bogor/Kus)