Eko Susilo Hadi : Bakamla Siap Gelar HACGAM Ke-12 di Jakarta

:


Oleh Irvina Falah, Senin, 23 Mei 2016 | 11:07 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 1K


Jakarta, 19 Mei 2016 (Humas Bakamla) – Hari terakhir kegiatan Working Level Meeting (WLM) 2016 di Crowne Plaza Jakarta Plt Sestama Bakamla Eko Susilo Hadi, SH., MH menutup pelaksanaan WLM 2016 di Jakarta, dengan menyampaikan hasil pembahasan yang telah dicapai dari pertemuan yang telah berlangsung.

Empat pilar yang dibahas, yaitu search and rescue (SAR), environmental protection (perlindungan lingkungan), preventing and controlling unlawful acts at sea (pencegahan dan penanganan tindak pelanggaran hukum di laut) dan capacity building: human resource development (peningkatan kapasitas sumber daya manusia) mendapatkan respon yang cukup baik dari perwakilan negara peserta yang hadir. Selain itu diusulkan pula bahwa pada kegiatan WLM yang akan datang diadakan kegiatan pelatihan dan sesi latihan di kapal.

Pada sambutan Penutupan WLM 2016, Eko Susilo Hadi, S.H., M.H., Sekretaris Utama Bakamla selaku ketua WLM 2016 mengucapkan terima kasih atas kontribusi aktif peserta saat mengikuti kegiatan dan menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan Heads of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) Ke-12 di Jakarta. Kegiatan ini menghasilkan antusiasme peserta yang sangat tinggi dalam hal keamanan dan keselamatan laut, khususnya di wilayah Asia, ungkap Eko Susilo.
 

Perwakilan Co-host WLM dari Japan Coast Guard, Captain Koichi Kawagoe, menambahkan pula bahwa pada HACGAM Ke-11 yang diselenggarakan di Manila, Filipina, pada tahun 2015, anggota HACGAM meringkas upaya yang telah dilakukan dalam 10 tahun terakhir, menegaskan bahwa kerjasama dipupuk dengan usaha yang terus menerus dari lembaga anggota HACGAM dan memberikan kontribusi efektif dalam memastikan dan mempromosikan keadaan pelayaran yang aman dan nyaman di wilayah tersebut, serta sepakat untuk melanjutkan kerjasama di bawah HACGAM untuk menjaga dan menjamin keadaan laut di kawasan Asia yang lebih aman dan lebih bersih di masa depan.

Selain itu perwakilan dari Pakistan juga menyampaikan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah HACGAM Ke-13 dan berharap Turkish Coast Guard dapat berpartisipasi dalam forum kerja sama HACGAM.