KNPI Merauke Gelar Kirab Obor Dan Bendera Merah Putih

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Senin, 23 Mei 2016 | 07:40 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 575


Merauke, InfoPublik - Dalam   rangka membangkitkan semangat perjuangan para pemuda  yang telah berjuang merebut kemerdekaan termasuk perjuangan Papua bisa bergabung kembali dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia,.

Pemuda yang ada di Merauke yang  tergabung dalam KNPI Bersma lintas agama dan mahasiswa STIA KD Merauke menggelar kirab obor dan Bendera Merah Putih yang  dimulai dari tapal batas NKRI di Sota menuju  Tugu Pepera yang menjadi symbol sejarah pelaksaan penentuan pendapat rakyat Papua bergabung dengan NKRI. Kirab Obor dimulai  Kamis Sore  (19/5) dari Perbatasan Sota menuju Kota Merauke dengan menggunakan truk dan sampai di Mako Kodim kemudian menuju ke Tugu Pepera yang berada tepat di depan Bank Mandiri, Jalan Raya Mandala Merauke.

Sementara kirab bendera merah putih yang dilakukan oleh para mahasiswa STIA KD Merauke digelar, Jumat (20/5) pagi yang juga dimulai dari  tapal batas NKRI paling TImur Indonesia di Sota, Kabupaten Merauke. Selanjutnya menuju   Kota dan finish di Tugu Pepera. 

Ketua KNPI Kabupaten Merauke Hendrikus Mahuze, S.Sos, M.Si mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai salah upaya pemuda di Kabupaten Merauke yang kegiatannya tidak dimaknai sebagai seremonial belaka namun ingin menunjukan ke kepada seluruh bangsa Indonesia yang dimulai dari Indonesia Timur  untuk terus meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan serta patriotisme serta memupuk dan mengembangkan rasa cinta terhadap negara dan bangsa Indonesia.

‘’Jadi obor yang kita   mulai dari tapal batas NKRI itu dengan harapan kita semua rakyat Indonesia tanpa kecuali miliki jiwa kebangsaan, jiwa cinta tanah air sehingga obor itu kita nyalakan sampai ke  Tugu Pepera yang merupakan tempat  sejarah penentuan pendaat rakyat dimana  Papua menyatakan bergabung dengan NKRI. Kita tahu bahwa perjuangan itu dilakukan  dengan penuh pengorbanan oleh tokoh pemuda, tokoh adat maupun tokoh agama yang ada di Papua,’’ ujarnya.   (02/mc/mrk/AHK/Eyv)