26 Sepeda Motor Terjaring Operasi Patuh Otanaha 2016

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 19 Mei 2016 | 09:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 417


Bone Bolango, InfoPublik - Jajaran satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Bone Bolango menggelar operasi Patuh tahun 2016 selama 14 hari kedepan, dengan tujuan menertibkan lalu lintas dan mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas bagi sejumlah pengendara yang melintas.

Dalam sehari operasi yang dilakukan oleh seluruh jajaran Satlantas Bone Bolango ini, sebanyak 26 kendaraan bermotor berhasil terjaring dan diamankan oleh aparat kepolisian lalu lintas, Senin, (16/5).

Kapolres Bone Bolango AKBP Wahyu Tri Cahyono, S.IK melalui Kasat Lantas AKP Kadek mengatakan Operasi Patuh yang digelar selama 14 hari dan berakhir pada tanggal 29 Mei 2016 mendatang. Sejak pelaksanaannya, setidaknya sebanyak 26 kendaraan telah ditilang serta puluhan kendaraan telah di tahan sebagai barang bukti.

"Pemberian tilang mengacu kepada UU lalu lintas. Sementara ada sebagian masyarakat yang tidak tertib seperti tidak mengancingkan tali pengaman helm dan tidak menyalakan lampu, akan kita berikan pembinaan,"kata perwira muda ini.

Operasi penertiban kendaraan ini, tambah AKP Kadek, lebih memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas di jalan raya. Karena menurutnya, kalau dibiarkan akan berakibat fatal, bahkan jika terjadi kecelakaan, tak hanya akan mencelakai pengendara itu sendiri, namun juga akan merugikan pengguna jalan lainnya."Kecelakaan itu bisa terjadi kapan saja, dengan tertib di jalan raya, kita ingin menekan resiko yang ditimbulkan jika kecelakaan itu terjadi,"jelasnya.

Sementara terkait sangsi yang akan diberikan, AKP Kadek menyebutkan, semuanya akan tergantung pada pelanggaran yang dilakukan dan sesuai dengan UU berlalu lintas. Bagi yang tidak punya SIM, akan diminta untuk membuat SIM dulu."Namun tadi ada yang dibawah umur, selain sepeda motornya kita tahan, kita akan panggil orang tuanya untuk diberikan pembinaan. Karena secara aturan, anak di bawah umur belum dibolehkan berkendaraan,"tegasnya. (Hms/Andi/kadir/eyv).