Menpora Gelorakan Olahraga di Kalangan Pondok Pesantren

:


Oleh Astra Desita, Minggu, 15 Mei 2016 | 17:35 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 612


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas funbike sepeda santri dan membuka pasar santri dalam rangka milad Pondok Pesantren Sidogiri ke-279 tahun.

Menteri Imam didampingi Bupati Pasuruan Gus Irsyad Yusif, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Anwar Sadat dan Pengasuh Ponpes Sidogiri KH Nawawi Abdul Djalil di Lapangan Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (15/5).

Ketua panitia Mas Nawawi mengatakan bahwa funbike ini dilaksanakan setiap tahun, dan ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. "Kegiatan funbike menempuh jarak sejauh 22 km dari Sidogiri-Lautan-Blembem-Pajaran-Contong-Warung Dowo-Sidogiri dan diikuti oleh 5000 lebih peserta dari berbagai kelompok usia," ujar Nawawi.

Dalam sambutannya Menpora menyampaikan sangat bahagia sekali bisa berkumpul untuk memeriahkan even yang sangat luar biasa untuk sehat bersama dengan bersepeda.

"Sebagian orang mengatakan dipondok pasti hanya diajari kitab suci dan kitab kuning, tapi sekarang dapat kita lihat bahwa pesantren khususnya Sidogiri tidak hanya mengajari santrinya untuk hafal dan memahami kitab suci, tetapi dilatih untuk sehat jasmani dan rohani, " ujar Imam.

Hari ini kita semua melihat perpaduan itu betul-betul nyata di lapangan, kita ingin berolahraha disaat kita juga ingin bersama-sama berolahrasa, saya atas nama Kemenpora menyambut baik dan Insyaallah ke depan kita akan selalu memberdayakan partisipasi dari pondok untuk kemaslahatan bersama, lanjut Imam.

Menpora Imam Nahrawi dalam kesempatan itu meresmikan pasar santri yang diselenggarakan selama 10 hari pada 15-24 Mei 2016 di Lapangan Sidogiri.

"Pasar Santri adalah satu bentuk motivasi bagi para santri, agar ke depan dapat menjadi alumni yang mandiri dan berjiwa wirausaha, sehingga nantinya menjadi pengusaha yang berjiwa santri, ini adalah sebuah keistimewaan, karenanya saya tidak pernah lelah untuk keluar masuk pesantren, karena saya yakin di pesantren banyak kader bangsa yang akan menjadi pemimpin dimasa depan," katanya.

Setelah acara gunting pita sebagai bentuk peresmian Pasar Santri, Menpora didampingi Bupati Pasuruan dan Anggota DPRD Jawa Timur dan Pengasuh Ponpes Sidogiri melepas peserta funbike.