Program Prioritas Pemko Palembang Tahun 2017

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 18 Maret 2016 | 14:39 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Palembang, InfoPublik -  Pemerintah Kota Palembang merumuskan sejumlah program prioritas untuk tahun 2017.

Hal itu terkait dengan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Parameswara Sekretariat Daerah Kota Palembang, Kamis ,(17/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang, Sapri Nungcik, menyebutkan, program prioritas itu, antara lain, pembangunan infrastruktur perkotaan, optimalisasi pembangunan pusat-pusat kegiatan perdagangan dan jasa.

Kemudian peningkatan nilai tambah pendapatan masyarakat dengan pemberdayaan dan penguatan UMKM, peningkatan peran aparat kelurahan dan kecamatan dalam menata lingkungan sehat. Serta kajian pengembangan daerah guna menghasilkan inovasi keunggulan daerah terutama sektor perdagangan dan jasa.

Musrenbang secara resmi dibuka Wali Kota Palembang Harnojoyo, dan dihadiri SKPD, tokoh dan perwakilan masyarakat.Musrenbang mengusung tema “Melalui Musrenbang Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pariwisata dan Asian Games 2018 di Kota Palembang”.

Harnojoyo mengharapkan melalui Musrenbang ini terjalin koordinasi dan sinkronisasi program pembangunan. Apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Butuh persiapan dan perencanaan yang baik untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018, sekaligus mewujudkan visi Palembang EMAS,” ujarnya.Ia mengatakan Musrenbang bagian integral dari penyusunan rencana kerja pembangunan daerah, sekaligus landasan serta pedoman bagi pemerintah daerah dalam penyusunan rancangan APBD tahun 2017.

Dirinya memaparkan, di Palembang sekarang gencar pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games. Seperti Jembatan Musi IV dan VI, pembangunan light rail transit (LRT), fly over di bandara dan Keramasan.

Sejumlah kawasan juga ditata. Antara lain di kawasan Sudirman, dari Polda hingga Masjid Agung, penataan Benteng Kuto Besak, kawasan 16 Ilir, serta penanganan banjir melalui pompa di Sungai Bendung. Pemerintah kota juga akan menata kawasan destinasi wisata di Bukit Siguntang.

“Di bidang lingkungan, setiap minggu dilakukan gotong royong di kelurahan,” ujar Harnojoyo, yang memang setiap pekan bersama masyarakat, relawan dan jajaran pemerintahannya membersihkan sampah di anak sungai hingga gorong-gorong. (MC.kota Palembang/Eyv/Ria Amelia/Hidayatullah/eyv)