Dinkes Agam Lakukan Penilaian Kader Posyandu Berprestasi

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 26 Februari 2016 | 17:28 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Agam, InfoPublik - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dalam waktu dekat akan melakukan penilaian kader posyandu berprestasi tingkat kabupaten 2016, guna meningkatkan kemampuan dan wawasan para kader posyandu di wilayah itu.   

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra, didampingi Kepala Seksi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat Azra Vovrizal di Lubuk Basung, Rabu (24/2), mengatakan, kegiatan penilaian ini akan dilaksanakan pada 3 Maret 2016 di aula Dinas Kesehatan setempat. 

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh salah seorang perwakilan kader setiap Puskesmas yang telah lulus seleksi untuk mengikuti penilaian di tingkat Kabupaten Agam. "Ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan setiap tahun guna meningkatkan kualitas pelayanan di setiap Posyandu yang berada di 82 nagari," katanya. 

Pelaksanaan penilaian nanti, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam, Pembedayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Agam dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Agam.

"Bagi peserta yang terpilih meraih juara I akan dikirim untuk mengikuti lomba kader berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat," katanya. 

Untuk materi lomba nanti seperti, akademik, tanya jawab mengenai kesehatan, talenta peserta, penyuluhan kesehatan. Ini disesuaikan dengan materi, judul dan lainya. Saat ini Posyandu yang berada di Kabupaten Agam hampir keseluruhannya telah berintegrasi dengan Lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK).

Disamping itu, pada tahun 2015 Kabupaten Agam telah meraih juara II pada penilaian kader Posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang diperoleh oleh Novalita dari Nagari Pasir Kecamatan Ampek Angkek.

Saat ini jumlah kader posyandu di Kabupaten Agam sebanyak 4.080 orang. Ini ini terdiri dari 3.205  kader yang aktif dan 875 kader yang tidak aktif. "Ke-4.080 kader ini berasal dari 850 unit Posyandu tersebar di Kabupaten Agam," katanya.(mc agam/toeb)