Museum Di DKI Akan Dijadikan Lebih Menarik

:


Oleh G. Suranto, Sabtu, 9 Januari 2016 | 22:48 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 242


Jakarta InfoPublik - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan membenahi museum-museum dengan menjalin kerjasama komunitas pecinta museum dan profesional bisnis, agar bisa membuat museum menjadi destinasi yang menarik.

“Pak Gubernur minta museum di Jakarta harus dibenahi secara total,” ujar Catur Laswanto, Kepala Disparbud DKI Jakarta, Sabtu (9/1).

Mantan Kepala Badan Pembinaan BUMD dan Pembinaan Modal DKI tersebut mengatakan, museum milik Pemprov DKI saat ini belum bisa menjadi destinasi wisata. Padahal, di negara lain, museum merupakan destinasi utama yang luar biasa karena memiliki edukasi historis wisata dan budaya.

“Jadi museum itu harus dikembangkan, dan kami akan jalin kerjasama dengan komunitas yang peduli dengan museum,” katanya.

Selain dengan komunitas, ia berencana menjalin kerjasama dengan seluruh kelompok profesional dan pebisnis, serta kelompok budaya yang memiliki program untuk meningkatkan potensi pariwisata di ibukota.

“Mereka punya program, kita sebagai pemerintah mendukung karena biaya selama ini mahal karena menyewa Event Organizer. Kita seakan-akan jadi pengelola tunggal. Padahal kita butuh campur tangan mereka juga,” tuturnya.

Bukan hanya museum, kata dia, Disparbud DKI juga akan lebih mengembangkan lagi kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Kawasan tersebut akan dibuat menjadi ikon khas Kota Jakarta.

“Kota Tua memiliki nilai historis juga sejarah panjang budaya Indonesia. Ini bukan pekerjaan ringan. Saya harus koordinasi dengan banyak pihak,” tandasnya.