DKI Siapkan Dana Pembangunan Wilayah Jabodetabekjur

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 6 Januari 2016 | 17:40 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 591


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan dana untuk pembanguan di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur atau Jabodetabekjur.

“Prinsip kami kan kita siapkan dana yang penting saya selalu katakan wilayah DKI itu termasuk Jabodetabekjur. Hanya bukan mengambil kekuasaannya, tanggungjawab keluar uang untuk pembangunannya,” kata Basuki usai acara penandatanganan kerjasama pembangunan Jabodetabekjur dengan Badan Kerjasama Pembangunan Jabodetabekjur di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (6/1).

Menurutnya, mitra sekitar DKI itu akan membangun apa, ada hubungan lalu lintas atau banjir agar memberitahukannya. Tidak guna rapat-rapat kalau sudah tahu itu tidak akan terwujud kalau tidak ada anggaran.

“DKI siap keluar uang, misalnya buat jalan layang busway Kota Tangerang Rp1 triliun, kita akan bayar,” paparnya.  

Disebutkan, setelah dirinya pikir-pikir selama tiga tahun ini kelemahan bus rapid transit di Jakarta adalah karena Transjakarta tidak menguasai seluruh rute transportasi.

“Sekarang kita ingin dari Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi itu semua harus dikuasi Transjakarta, karena nanti semua orang akan diuntungkan. Kita akan bangun atau kita kasih bantuan kepada mitra,” ucapnya.

Sementara Didi Sunardi, Sekretaris Kerjasama Pembangunan Jabodetabekjur menambahkan, Pemprov DKI Jakarta siap membantu pembangunan wilayah Jabodetabekjur. Kewajiban sebetulnya merupakan kewajiban bersama, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, karena merupakan interland, suatu kesatuan tidak bisa terlepas.

Pembangunan yang akan segera dilakukan dalam waktu dekat adalah jaringan jalan, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bekasi untuk perluasan rute Transjakarta, termasuk pembangunan waduk Ciawi.