Rapat Khusus Rencana Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran dan Rencana Renovasi GBK Senayan Untuk Asian Games 2018

:


Oleh Irvina Falah, Rabu, 6 Januari 2016 | 11:00 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 661


Jakarta, 5 Januari 2015 - Kemenpora baru saja mengadakan jumpa pers terkait dengan klarifikasi hasil penilaian kinerja kementerian yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB, dan hasilnya dipublikasikan dalam beberapa hari terakhir ini.
 
Selain itu, topik lainnya adalah tentang hasil rapat yang telah berlangsung di Sekretariat Negara, pada tanggal 5  Januari 2016  pagi  yang khusus membahas rencana pembangunan Wisma Atlet di Kemayoran dan rencana renovasi GBK Senayan Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Menteri Sekretaris Negara, Wakil Menteri Keuangan,  dan Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara.
 
Tampak hadir juga dalam rapat tersebut: Sekretaris Kemenpora, Deputi 5 Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Deputi 5 Bidang Koordinasi Kebudayaan Menko PMK, Deputi PIP  Bidang Polhukam PMK BPKP, Staf Khusus Mensesneg Bidang Hukum, Staf Khusus Mensesneg Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Direktur PKNSI – Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Direktur PKBLU – Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Birektur Bina Penataan Bangunan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Direktur Utama GBK, Direktur Utama Kemayoran, Ketua Satgas Infrastruktur Asian Games 2018. 
 
Beberapa hal yang disepakati dalam rapat tersebut adalah sebagai berikut:
 
Pembangunan Wisma Atlet di Blok C-2 dan D-10 di Kompleks Kemayoran akan ditangani oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, sedangkan untuk Blok C-3 di Kompleks Kemayoran akan ditangani oleh Perumnas, namun memerlukan Keputusan Presiden penugasan dari Presiden.
 
Pembangunan /renovasi sport venues di Kompleks GBK akan ditangani oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.
 
Anggaran Rp 500 milyar untuk pembangunan / renovasi infrastruktur sport venues di GBK yang semula berada di Kemenpora akan diblokir dan dialihkan kepada Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dengan menggunakan anggaran BA -BUN 99.
 
Rancangan Master Plan Asian Games 2018 dan Inpres tentang Penyelenggaraan Asian Games 2018 yang disiapkan oleh Kemenpora dan Rancangan Keputusan Menteri PU dan Perumahan Rakyat tentang  Tim Satgas Infrastruktur Asian Games 2018 yang dibentuk  oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat ditargetkan selesai minggu depan.
 
Master Plan Asian Games 2018 dan Inpres tentang Penyelenggaraan Asian Games 2018 akan dipaparkan dalam rapat pleno Kementerian dan Lembaga terkait.
 
Time frame pelaksanaan pembangunan infrastruktur oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dimulai dari pengadaan dan desain pada bulan Januari sd Juli 2016. Lelang akan dilaksanakan pada minggu depan dan tanda- tangan kontrak ditargetkan pada tanggal 9 Maret 2016. Masa konstruksi Agustus 2016 s/d. Juli 2017. Masa pre / test event (1 tahun: Juli 2017 sd Juli 2018).
 
Sebelum pembangunan Wisma Atlet Blok D-10 Kompleks Kemayoran diperlukan MoU antara Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dengan Kementerian Sekretariat Negara terkait penggunaan lahan dan kepemilikan asset tanah dan bangunan. 
 
-------------
 
Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan / merangkap Kepala Komunikasi Publik Kemenpora (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504,Email:  gsdewabroto@gmail.com, Twitter: @gsdewabroto, Tel/Fax: 021.5738154).